Pebulutangkis Indonesia Bawa Amerika Serikat Juara Dunia untuk Kali Pertama

Rabu, 27 Mei 2020 11:05 WIB
Penulis: Herry Ibrahim | Editor: Indra Citra Sena
© Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Pebulutangkis legendaris Indonesia, Tony Gunawan Copyright: © Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Pebulutangkis legendaris Indonesia, Tony Gunawan

INDOSPORT.COM - Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2005 yang berlangsung di Anaheim, California, Amerika Serikat, menyimpan cerita menarik nan bersejarah. 

Selain Indonesia yang berhasil meraih dua titel via Taufik Hidayat dan ganda campuran Liliyana Natsir/Nova Widyanto, untuk pertama kalinya wakil dari Amerika Serikat mampu meraih gelar juara dunia.

Menariknya, pemain tersebut adalah Tony Gunawan. Ya, peraih medali emas Sydney 2000 yang berpasangan dengan Candra Wijaya itu berhasil mempersembahkan juara dunia untuk negara barunya, Amerika Serikat.

Tony yang berpindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Amerika Serikat saat itu dipasangkan dengan pebulutangkis lokal bernama Howard Bach. 

Hanya menjadi unggulan ke-13, Tony Gunawan/Howard Bach di luar dugaan mampu melaju hingga partai puncak dengan mengalahkan para unggulan, termasuk ganda-ganda kuat asal Indonesia.

Tony/Howard sukses mengalahkan Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto dengan skor 15-9, 15-13 pada semifinal. Berlanjut di final, keduanya dengan luar biasa menaklukkan unggulan kedua Candra Wijaya/Sigit Budiarto dengan skor rubber, 15-11, 10-15 dan 15-11.

Candra Wijaya sendiri merupakan mantan partner dari Tony Gunawan saat masih membela panji Merah Putih dan sempat mempersembahkan medali emas Olimpiade Sydney 2000.

Tak berhenti di situ, gelar ini juga merupakan gelar kedua bagi Tony Gunawan. Ia diketahui sempat menyabet juara dunia pertamanya bersama Halim Haryanto pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2001 yang diadakan di Spanyol.

Ketika itu, Tony Gunawan/Halim Haryanto sukses mengalahkan wakil Korea Selatan, Ha Tae-kwon/Kim Dong-moon, dengan skor 15-0 dan 15-3.