Tonton Ulang Ricky Subagja/Rexy Mainaky Rebut Emas Olimpiade 1996

Kamis, 28 Mei 2020 21:14 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Toshifumi Kitamura/AFP via Getty Images
Olimpiade Atlanta 1996 menjadi ajang istimewa bagi ganda putra Ricky Subagja/Rexy Mainaky berkat kesuksesan mereka meraih medali emas di ajang 4 tahunan itu. Copyright: © Toshifumi Kitamura/AFP via Getty Images
Olimpiade Atlanta 1996 menjadi ajang istimewa bagi ganda putra Ricky Subagja/Rexy Mainaky berkat kesuksesan mereka meraih medali emas di ajang 4 tahunan itu.

INDOSPORT.COM – Olimpiade Atlanta 1996 menjadi ajang istimewa bagi ganda putra Ricky Subagja/Rexy Mainaky berkat kesuksesan mereka meraih medali emas di ajang 4 tahunan itu.

Cabang bulutangkis mencatat sejarah istimewa pada Olimpiade Barcelona 1992 berkat kesuksesan menyumbangkan 2 medali emas pertama Indonesia di Olimpiade. Ketika itu, Susy Susanti dan Alan Budikusuma menjadi tokoh sentral kesuksesan itu.

Empat tahun kemudian, Indonesia kembali meraih sukses merebut medali emas di Olimpiade Atlanta 1996. Kali ini giliran pasangan ganda putra Ricky Subagja/Rexy Mainaky yang meraih penghargaan tertinggi itu.

Kehebatan Indonesia di nomor ganda putra pada ajang tersebut sebenarnya sudah terlihat sejak babak perempat final. Dari 3 wakil yang dikirim, Indonesia berhasil meloloskan 2 pasangan di babak 8 besar itu melalui Ricky/Rexy dan Antonius/Denny Kantono.

Kedua pasangan ini bahkan berpeluang menciptakan all Indonesian Final setelah sama-sama lolos ke babak semifinal di paruh undian yang berbeda.

Ricky/Rexy akhirnya lolos ke final setelah mengalahkan pasangan Malaysia Soo Beng Kiang/Tan Kim Her dengan cukup mudah, 15-5 15-12.

Sayangnya, langkah itu gagal diikuti Antonius/Denny yang justru takluk dari pasangan Malaysia lainnya yakni Yap Kim Hock/Chean Soon Kit.

Keadaan itu pun akhirnya menghasilkan partai panas di partai puncak. Dua negeri tetangga yakni Indonesia dan Malaysia bertemu di final ganda putra bulutangkis melalui Ricky/Rexy dan Yap/Chean.

Pasangan Malaysia itu tampil mengejutkan di set pertama. Berbagai serangan yang mereka lepaskan tidak mampu dihadapi Ricky/Rexy sehingga Yap/Chean unggul telah 15-5 di set pembuka.

Namun, kondisi berbalik di set kedua. Setelah melalui kejar-mengejar angka, Ricky/Rexy sukses memenangkan set kedua dengan skor tipis 15-13 sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke set ketiga.

Di set penentu ini, lagi-lagi pertandingan berjalan ketat hingga poin-poin akhir. Namun dalam kedudukan 14-12 untuk keunggulan Indonesia, pukulan keras Rexy tak mampu dikembalikan dengan baik oleh pasangan Malaysia sehingga memberikan poin kemenangan untuk Ricky/Rexy.

Hasil ini pun membuat Ricky/Rexy menjadi ganda putra pertama Indonesia yang meraih medali emas Olimpiade. Hingga kini, selain mereka, ada 2 pasang ganda putra Indonesia lainnya yang pernah meraih medali emas Olimpiade.

Keduanya adalah Tony Gunawan/Candra Wijaya di Olimpiade Sydney 2000, dan Markis Kido/Hendra Setiawan di Olimpiade Beijing 2008.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%