Indonesia Waspada! The Next Lee Chong Wei Jadi Sorotan Media Terkemuka

Kamis, 11 Juni 2020 15:56 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Badminton Planet
Langkah Indonesia tunjukkan taji di dunia bulutangkis kini mendapat tantangan besar. Ada penerus Lee Chong Wei menarik perhatian media Inggris terkemuka bernama Lee Zii Jia. Copyright: © Badminton Planet
Langkah Indonesia tunjukkan taji di dunia bulutangkis kini mendapat tantangan besar. Ada penerus Lee Chong Wei menarik perhatian media Inggris terkemuka bernama Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM - Langkah Indonesia untuk tunjukkan taji di dunia bulutangkis sektor tunggal putra kini mendapat tantangan besar. Ada penerus Lee Chong Wei dari Malaysia yang cukup menarik perhatian media Inggris terkemuka bernama Lee Zii Jia.

Bicara soal olahraga tepok bulu, Negeri Jiran dikenal memiliki banyak tokoh hebat dalam berbagai sektor berbeda. Salah satunya ialah legenda tunggal putra Lee Chong Wei si mantan peringkat satu dunia.

Memiliki jumlah torehan gelar hingga 69 buah buat sosok Lee Chong Wei sukses masuk The Big 4 alias empat tunggal putra terbaik pada masanya. Dirinya saat itu setara dengan Taufik Hidayat (Indonesia), Lin Dan (China), dan Peter Gade (Denmark).

Sayang, setelah didiagnosa mengidap kanker hidung, karier Lee Chong Wei tamat pada 13 Juni 2019. Malaysia sendiri kini sukses memiliki penerusnya yakni Lee Zii Jia dan sudah diakui oleh salah satu media Inggris populer, Daily Mail karena kemungkinan bisa menang medali emas Olimpiade dengan mudah.

"Lee Zii Jia mengemban tugas penting sebagai unggulan tunggal putra Malaysia dalam peringkat dunia. Dia merupakan sosok penerus sejati dari si legendaris Lee Chong Wei dan pasti bisa mempersembahkan medali emas perdana bagi negara di gelaran Olimpiade," tertulis dalam media tersebut.

"Prestasi pebulutangkis berusia 22 tahun ini tak bisa dianggap remeh setelah sukses meraih peringkat 10 dunia dengan cepat dan bisa mengalahkan banyak nama besar. Dia mampu tundukkan Chen Long si pemenang Olimpiade asal China di semifinal All England, dan sukses habisi Shi Yuqi di Malaysia Masters tahun ini,"

Selain karena berdasarkan performa menjanjikan, Lee Zii Jia tampak memang benar-benar dekat menjadi sosok Lee Chong Wei baru. Bagaimana tidak? pemuda tersebut kini dilatih oleh Hendrawan, pelatih legendaris asal Indonesia yang memang berjasa mencetak atlet berbakat.

Lee Zii Jia sendiri sempat beberapa kali menyulitkan wakil Indonesia sejak ikut serta dalam berbagai turnamen bulutangkis tahun ini. Salah satunya ialah sebagai biang kerok kekalahan Jonatan Christie selaku peringkat enam di gelaran All England Open yang dihelat Maret lalu.