Marcus Gideon Beberkan Rencana Masa Depannya Usai Pensiun

Minggu, 14 Juni 2020 02:43 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pebulutangkis ganda putra peringkat satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon membeberkan rencananya selepas mundur dari dunia bulutangkis di masa depan. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Pebulutangkis ganda putra peringkat satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon membeberkan rencananya selepas mundur dari dunia bulutangkis di masa depan.

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis ganda putra peringkat satu dunia asal Indonesia, yakni  Marcus Fernaldi Gideon membeberkan rencananya selepas mundur dari dunia bulutangkis di masa depan.

Pebulutangkis Marcus Gideon saat ini menempati peringkat satu dunia bersama dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo di sektor ganda putra. Semenjak naik takhta di akhir tahun 2017 lalu, pasangan berjuluk The Minions tersebut belum pernah turun singgasana sampai saat ini.

Bahkan di beberapa waktu lalu, pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya berhasil memecahkan rekor sebagai pasangan ganda putra yang berhasil menempati peringkat 1 dunia dalam waktu yang lama melewati pencapaian pasangan legendaris Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong.

Sejauh ini, beragam gelar Super Series sudah diraih pebulutangkis Marcus Gideon bersama dengan Kevin Sanjaya di sektor ganda putra. Meskipun mereka belum berhasil menjadi Juara Dunia, tetapi di tahun 2018 lalu, pasangan Marcus/Kevin sukses meraih medali emas di Asian Games.

Tahun 2020 ini seandainya Olimpiade Tokyo 2020 tidak ditunda, pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya sangat difavoritkan menjadi kandidat utama peraih medali emas di sektor ganda putra.

Namun dengan ditundanya Olimpiade Tokyo 2020 ke tahun 2021, pasangan Marcus/Kevin harus kembali berusaha mempertahankan performa untuk terus tampil gemilang di berbagai turnamen bulutangkis internasional.

Meskipun sudah meraih banyak kesuksesan sampai saat ini sebagai pebulutangkis ganda putra, Marcus Gideon pada akhirnya suatu saat nanti pasti akan tiba masa dimana ia harus mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bulutangkis.

Dan ketika saat itu, pebulutangkis yang menjadi rekan duet Kevin Sanjaya di ganda putra Indonesia tersebut mengakui masih tetap akan berada di bulutangkis ketika diwawancarai oleh PP PBSI dalam acara live Instagram, Sabtu (13/06/20).

"Ya penginnya masih di bulutangkis ya, karena memang hobi. Bulutangkis kan makin lama makin maju. Jadi pengin tekunin juga biar makin populer bulutangkisnya," beber Marcus Gideon.

Sekadar informasi, Marcus Gideon memulai debut sebagai pasangan Kevin Sanjaya pertama kali di tahun 2015, tetapi baru banyak menuai kesuksesan di tahun 2017, di mana mereka sukses mencapai 9 partai final di tahun tersebut.

Dari 9 partai final yang diraih pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, tujuh final di antaranya sukses mereka konversi menjadi gelar di tahun 2017 yang merupakan tahun kebangkitan pasangan berjuluk The Minions ini.

Di tahun 2018, pasangan Kevin/Marcus lebih menggebrak. Mereka kembali berhasil mencapai 9 partai final, tetapi berhasil mengkonversi 8 final di antaranya menjadi gelar.

Pada tahun 2019 pun sama. Pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhasil mencapai 8 partai final dan berhasil mengkonversinya menjadi gelar di tahun lalu.

Di tahun 2020 ini, pasangan Marcus/Kevin baru mencapai 2 partai final dan berhasil mengkonversi salah satunya menjadi gelar dan yang lainnya harus puas menjadi runner-up.