Sangat Tahu Rasanya Diabaikan, Eks Hendra Setiawan Beri Saran Ini ke BAM

Minggu, 28 Juni 2020 21:13 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Eks rekan duet Hendra Setiawan, Tan Boon Heong memberikan saran ini ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk raih hasil maksimal di Piala Thomas 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Eks rekan duet Hendra Setiawan, Tan Boon Heong memberikan saran ini ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk raih hasil maksimal di Piala Thomas 2020.

INDOSPORT.COM - Eks rekan duet Hendra Setiawan, Tan Boon Heong memberikan saran ini ke Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk raih hasil maksimal di Piala Thomas 2020.

Menjelang bergulirnya Piala Thomas 2020, BAM tengah disibukkan melakukan penyeleksian skuat bulutangkis Malaysia yanga akan dibawa untuk berlaga di Aarhus, Denmark pada 3-11 Oktober.

BAM diketahui mengundang para pemain independen Malaysia untuk mengikuti seleksi demi meraih hasil terbaik di turnamen sebergengsi Piala Thomas 2020.

Namun bagi eks rekan duet Hendra Setiawan sekaligus legenda Malaysia, Tan Boon Heong semuanya begitu mudah. Menurutnya, jika target BAM meraih gelar juara, maka mereka harus mengikutsertakan pemain-pemain berpengalaman.

Pemain-pemain berpengalaman tersebut adalah pasangan Goh V Shem/Tan Wee Kiong serta Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang peringkatnya sudah jelas lebih baik ketimbang pasangan muda Malaysia lainnya, yakni Nur Izzuddin Rumsani/Goh Sze Fei.

Eks rekan duet Hendra Setiawan sekaligus legenda Malaysia tersebut sangat paham rasanya diabaikan ketika dirinya dulu sempat menawarkan jasanya secara sukarela pada BAM namun ditolak mentah-mentah.

“Bagi saya, ini sederhana. Jika BAM serius untuk mencapai target tertentu, maka mereka perlu mengumpulkan pemain terkuat yang tersedia," ujar Tan Boon Heong dikutip dari media The Star.

Untuk itulah, ketimbang mengulangi kesalahan yang sama seperti yang dilakukan di Piala Sudirman dan Badminton Asia Team Championships, Tan Boon Heong menyarankan kepada BAM untuk mengikutsertakan pasangan Ong/Teo serta Goh/Tan ke Piala Thomas 2020.

"Dalam hal ini, para pasangan senior seperti V Shem/Wee Kiong dan Yew Sin/Ee Yi harus ikut. Ketika kamu pergi berperang, kamu harus memiliki senjata terkuatmu," lanjutnya.

"Tetapi jika mereka pergi ke turnamen tanpa harapan, maka mereka dapat memilih untuk menurunkan pemain muda. Itu semua tergantung pada tujuan mereka," pungkasnya.

Sementara pasangan Goh V Shem/Tan Wee iong sendiri menyambut baik niatan BAM dan mengatakan kalau mereka akan mencoba melakukan yang terbaik demi terpilih menjadi bagian dari skuat bulutangkis Malaysia yang akan berlaga di Piala Thomas 2020.

Selain itu, Tan Boon Heong dan pasangan Goh V Shem/Tan Wee Kiong merupakan pemain yang berperan penting ketika membawa Malaysia meraih runner-up di gelaran Piala Thomas 2014 silam.