3 Alasan yang Bikin Menpora Restui PBSI Gelar Pelatnas di Tengah Pandemi Corona

Selasa, 30 Juni 2020 12:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali saat kunjungan kerja di Surabaya, Minggu (24/11/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali saat kunjungan kerja di Surabaya, Minggu (24/11/19).

INDOSPORT.COM - Sepanjang fase pandemi virus Corona di Indonesia, seluruh kegiatan olahraga di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga harus ditangguhkan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Namun, ada beberapa cabang olahraga yang saat ini masih menggelar pelatihan nasional atau pelatnas, yaitu bulutangkis di bawah arahan PBSI, angkat besi (PB PABSI) dan juga menembak (PB Perbakin).

Pada sebuah webinar yang digelar Senin (29/06/20) siang, Menpora Zainudin Amali mengungkap alasan realistis di balik keputusannya memberi izin latihan pada beberapa cabang olahraga tersebut.

"Ada tiga cabang olahraga yang jalan terus, yakni bulutangkis, kemudian angkat besi, dan menembak. Mereka tetap pemusatan latihan, mengapa kami izinkan?"

Konon, ketiga cabang tersebut merupakan cabor yang sudah langganan memberikan prestasi untuk Indonesia. Selain itu, para pengurus juga sudah memberi jaminan untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Pertama, cabang-cabang ini sudah mendapatkan tiket untuk bisa ikut olimpiade. Kedua, kalau nanti kita tidak mulai latihan, maka pasti akan kedodoran di prestasi."

"Ketiga, jaminan dari para pengurus cabor, mereka akan disiplin terhadap protokol kesehatan. Alhamdulillah sampai hari ini, tiga cabor itu tidak ada kejadian apapun," jelas Zainudin Amali.

Kemenpora juga tak menutup kemungkinan untuk cabang olahraga lainnya menggelar latihan, asal sudah mengajukan draft sesuai protokol kesehatan, dan mendapat izin dari Gugus Tugas Covid-19.

Namun, jika Gugus Tugas tidak memberi izin, maka Kemenpora pun tidak bisa membela, termasuk rencana gelaran kompetisi sepak bola Liga 1 2020 mulai Oktober nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%