Pensiunnya Lin Dan Jadi Sorotan Media Ternama Inggris

Senin, 6 Juli 2020 13:47 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Shi Tang/Getty Images
Kabar pensiunnya Lin Dan dari dunia bulutangkis tidak hanya mengejutkan bagi negaranya di China, namun juga menjadi sorotan di negara lain seperti di Inggris. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Kabar pensiunnya Lin Dan dari dunia bulutangkis tidak hanya mengejutkan bagi negaranya di China, namun juga menjadi sorotan di negara lain seperti di Inggris.

INDOSPORT.COM – Kabar pensiunnya Lin Dan dari dunia bulutangkis tidak hanya mengejutkan bagi negaranya di China, namun juga menjadi sorotan di negara lain seperti di Inggris.

Media ternama di Inggris, Sport BBC, secara khusus memberitakan bahwa pebulutangkis legendaris asal Negeri Tirai Bambu, Lin Dan, telah menyatakan gantung raket.

Diketahui, pengumuman pensiun tersebut dibuat Lin Dan melalui sosial media pribadi miliknya di Weibo pada hari Jumat (03/07/20) pekan lalu. 

“2000 hingga 2020, 20 tahun sudah saya jalani. Sekarang, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada timnas China. Ini benar-benar sulit untuk dilakukan," tulis Lin Dan.

Media itu menyoroti pencapaian tertinggi Lin Dan dalam 20 tahun kariernya sebagai pemain bulutangkis, yakni memenangkan dua medali emas Olimpiade.

Dalam  artikel yang dimuat pada hari Sabtu (04/07/20), pria 36 tahun itu memenangkan medali emas di ajang Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Kenangan saat Lin Dan berhasil menyabet emas pada Olimpiade edisi  London delapan tahun silam tentunya sangat membekas bagi media asing tersebut. Pasalnya saat itu, Lin Dan berhasil meraih emas lewat perjalanan yang tak mudah.

Lin Dan dipertemukan dengan Lee Chong Wei, musuh bebuyutannya yang sudah lebih pensiun, di partai final Olimpiade yang digelar di Wembley, London, Inggris, 8 Agustus 2012.

Saat itu, Lin Dan sempat tertinggal di set pertama dari Lee Chong Wei dengan skor 15-21 namun Lin dan mampu membalikkan keadaan dengan unggul pada set berikutnya 21-10 dan 21-19.

Menyoroti prestasi Lin Dan sebelum emas Olimpiade 2012 itu, media asing itu juga menyebutkan bahwa Lin Dan jadi pemain bulutangkis pertama yang menyegel status ‘Super Grand Slam dengan memenangkan seluruhnya sembilan gelar utama di tahun 2011.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%