Kritik Limpele, Pelatih Jepang Ternyata Pernah Libas 2 Legenda Indonesia di Olimpiade

Minggu, 19 Juli 2020 12:18 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Yosef Bayu Anangga
© The Asahi Shimbun via Getty Images
Sempat mengkritik Flandy Limpele, kepala pelatih Timnas Jepang, Park Joo-bong ternyata pernah libas dua legenda Indonesia di panggung Olimpiade. Copyright: © The Asahi Shimbun via Getty Images
Sempat mengkritik Flandy Limpele, kepala pelatih Timnas Jepang, Park Joo-bong ternyata pernah libas dua legenda Indonesia di panggung Olimpiade.

INDOSPORT.COM - Sempat mengkritik Flandy Limpele, kepala pelatih Timnas Jepang, Park Joo-bong ternyata pernah libas dua legenda Indonesia di panggung Olimpiade.

Pada Juni 2020 lalu, kepala pelatih Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA), Park Joo-bong memberikan komentarnya terhadap penunjukan Flandy Limpele sebagai pelatih kepala di sektor ganda putra Malaysia.

Menurut legenda sektor ganda Korea Selatan tersebut, peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004 itu masih belum membuktikan apa-apa dan menangani Malaysia akan menjadi ujiannya yang sebenarnya.

“Itu memang pilihan yang menarik. Flandy berada di Jepang bersama klub Hitachi untuk beberapa waktu tetapi tidak ada pemain ganda dari klub itu yang berhasil masuk ke tim nasional kami, ” katanya.

“Salah satu pasangan ganda Flandy ada di skuat cadangan Jepang tetapi mereka berada di peringkat terendah dalam tim. Flandy juga berada di India dengan tim ganda putra, tetapi pasangan teratas mereka (Satwiksairaj Rankireddy-Chirag Shetty) telah berhasil mencapai 10 besar sebelum ia tiba," ujar Park Joo-bong dikutip dari media The Star.

Dituturkan lebih lanjut oleh Park Joo-bong, bahwa dalang di balik kesuksesan ganda putra India pada saat ini adalah sosok Tan Kim Her yang saat ini menjadi kepala pelatih ganda putra Jepang yang bulan Maret lalu sukses membawa pasangan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe meraih gelar All England 2020.

“Saya percaya Tan Kim Her dari Malaysia adalah orang di balik kebangkitan pasangan India itu sebelum Flandy tiba. Namun, saya tahu Flandy adalah pelatih yang bekerja keras dan dia melakukan bagiannya untuk mempertahankan standar pemain ganda India. Tekad seperti ini dapat membawa pelatih jauh dalam kariernya," sambungnya.

Tidak hanya itu, Park Joo-bong juga menyebut bahwa tugas Flandy Limpele di sektor ganda putra Malaysia hanyalah melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh Paulus Firman dan hal itu akan menjadi ujian yang sesungguhnya untuk pelatih bulutangkis asal Indonesia tersebut.

“Paulus telah melakukan pekerjaan yang baik untuk membesarkan Aaron dan Wooi Yik menjadi salah satu dari 10 pasangan teratas di dunia. Saya kira, tugas Flandy sekarang adalah menjadikan mereka pemenang, itu akan menjadi ujian yang sebenarnya, ” kata Joo-bong.

“Aaron/Wooi Yik adalah pasangan yang berbakat dan telah memberikan tantangan yang bagus untuk semua pasangan teratas di dunia. Yang mereka butuhkan adalah keunggulan ekstra untuk menjadi juara," pungkasnya.

Namun siapa sangka jika kepala pelatih bulutangkis Jepang itu pernah mengalahkan dua legenda bulutangkis Indonesia, yakni Rudy Gunawan/Eddy Hartono di panggung Olimpiade.

Dari video Youtube akun  Ryan Nugraha Kurniawan, Park Joo-bong yang saat itu berpasangan dengan Kim Moon-soo berhadapan dengan wakil Indonesia, Eddy Hartono/Rudy Gunawan di final sektor ganda putra Olimpiade Barcelona 1992.

Tetapi kehebatan Kepala pelatih bulutangkis Jepang, Park Joo-bong ketika masih jaya-jayanya dulu memang sangat luar biasa, sehingga mudah saja baginya untuk mengalahkan Eddy Hartono/Rudy Gunawan untuk mengklaim medali emas Olimpiade Barcelona 1992 bersama Kim Moon-soo.