Penyataan Tony Gunawan Soal Bedanya Pemain Indonesia dan Jepang Disorot Media Asing

Minggu, 26 Juli 2020 20:34 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Pernyataan Juara Dunia dua kali, Tony Gunawan tentang perbedaan antara pemain bulutangkis Indonesia dan Jepang menjadi sorotan media asing. Copyright: © Wally Skalij/Los Angeles Times via Getty Images
Pernyataan Juara Dunia dua kali, Tony Gunawan tentang perbedaan antara pemain bulutangkis Indonesia dan Jepang menjadi sorotan media asing.

INDOSPORT.COM - Pernyataan Juara Dunia dua kali, Tony Gunawan tentang perbedaan antara pemain bulutangkis Indonesia dan Jepang menjadi sorotan media asing.

Tony Gunawan merupakan eks pemain bulutangkis Indonesia yang memutuskan pindah ke Amerika Serikat, Juara Dunia dua kali sekaligus peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 bersama dengan Candra Wijaya.

Dalam podcast Tony Gunawan bersama Hans-Kristian Vittinghus, A Year on Tour with Vittinghus, Juara Dunia dua kali tersebut mengungkapkan apa yang menjadi perbedaan antara pemain bulutangkis Indonesia dengan Jepang.

Dan pernyataan Juara Dunia dua kali, Tony Gunawan tentang perbedaan gaya bermain pemain Indonesia dan Jepang mendapat sorotan dari media asing, 360badminton.

Saya rasa pemain Indonesia lebih kreatif dan berani untuk berbuat salah, sementara Jepang justru sebaliknya. Jadi mereka harus kreatif lagi, tapi etika latihan dan bekerja mereka merupakan salah satu yang terbaik," ucap Tony Gunawan

"Saya rasa kita bisa mengkombinasikan keduanya, sehingga Jepang punya pelatih dari Indonesia, Malaysia, jadi bisa membantu mereka untuk punya perspektif dan budaya lain," pungkasnya.

Tony Gunawan saat ini di Amerika menjadi pelatih bulutangkis di sana dan mengakui bahwa melatih di Negeri Paman Sam dengan melatih di benua Asia sangat-sangat berbeda.

Selain bermain dan melatih di AS, ia juga melatih klub Tonami Jepang yang menampilkan pemain seperti Takeshi Kamura, Keigo Sonoda, Takuro Hoki, Yugo Kobayashi, dan lainnya.

Terlebih lagi, atlet-atlet bulutangkis Amerika Serikat bukan bermain untuk waktu yang panjang. Biasanya setelah masuk ke universitas, atlet-atlet bulutangkis tersebut lebih memilih meneruskan kariernya di bidang akademik.