Xu Huaiwen, Pebulutangkis yang Tinggalkan China dan Jadi Legenda di Jerman

Senin, 27 Juli 2020 14:33 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Alchetron
Xu Huaiwen, eks pebulutangkis yang pilih tinggalkan China dan melegenda di Jerman, seperti apakah kisahnya? Copyright: © Alchetron
Xu Huaiwen, eks pebulutangkis yang pilih tinggalkan China dan melegenda di Jerman, seperti apakah kisahnya?

INDOSPORT.COM - Berpindah kewarganegaraan tampaknya menjadi hal yang sangat lumrah bagi seorang pebulutangkis, tak terkecuali bagi Xu Huaiwen yang memilih meninggalkan China dan melegenda di Jerman.

Dilansir dari situs resmi BWF, Xu Huaiwen merupakan salah satu pemain tunggal putri berbakat yang pernah dimiliki China pada tahun 2000-an, tetapi kemudian ia memilih hijrah ke Jerman pada tahun 2000.

Alasan Xu Huaiwen memilih hijrah ke Jerman dan meninggalkan China adalah karena memiliki keinginan uuntuk keluar dari zona nyaman dan mencoba tantangan baru.

Hasilnya pun luar biasa hebat. Xu Huaiwen menjadi legenda di bulutangkis Jerman. Dia meraih dua medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulutangkis dan dua kali menjadi juara Eropa.

Tidak hanya itu, eks pemain bulutangkis China yang kini sudah pensiun tersebut juga berhasil mengantarkan Jerman meraih medali perunggu di Piala Uber dalam dua edisi berturut-turut yakni tahun 2006 dan tahun 2008.

Setelah kini pensiun dari dunia bulutangkis, legenda Jerman Xu Huaiwen pun menceritakan bagaimana kesibukannya setelah memutuskan mundur dari dunia yang membesarkan namanya.

"Saya pindah ke Jerman dari China pada tahun 2000 dan bersaing untuk Jerman hingga 2009 dan kemudian pergi ke AS untuk belajar. Saya di sana selama dua tahun, kemudian pindah ke Belanda untuk bekerja sebagai pelatih nasional. Setelah Olimpiade London, saya pergi ke Skotlandia dengan suami saya, dan setelah itu kami pindah ke Inggris pada tahun 2014," tutur Xu Huaiwen.

Setelah kini pindah ke Inggris dan menyingkir sejenak dari dunia bulutangkis selama 2 tahun, legenda Jerman mengakui kalau saat ini dirinya memiliki klub bulutangkis sendiri di Inggris dan menjadi pelatih di sana.

"Saya beristirahat selama dua tahun karena memiliki bayi, dan saya sibuk dengan putri dan keluarga saya. Saya sekarang memiliki klub bulutangkis saya sendiri di Surrey di Inggris," jelasnya.

Eks pebulutangkis China itu pun menjelaskan bagaimana awal ceritanya ia menjadi pelatih dan apa saja kesibukannya saat ini setelah sekian lama gantung raket.

"Dalam beberapa waktu terakhir saya terutama terlibat dengan pendidikan pelatih, mengambil bagian dalam kamp pelatihan, atau kadang-kadang dilatih. Saya telah bekerja dengan BWF dan Badminton Eropa di berbagai seminar dan kamp pelatihan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman saya," pungkasnya.

Xu Huaiwen sempat menjuarai berbagai turnamen World Grand Prix seperti Bitburger Open, Swiss open, Dutch Open hingga Thessaloniki World Grand Prix selama masih aktif bermain dulu.