Pasangan China yang Sering Kalahkan Wakil Indonesia Buat BWF Terpana

Kamis, 30 Juli 2020 06:57 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images
Pasangan ganda putri China, Ge Fei/Gu Jun yang sering kalahkan wakil Indonesia di final sukses buat Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terpana. Copyright: © Alexander Hassenstein/Bongarts/Getty Images
Pasangan ganda putri China, Ge Fei/Gu Jun yang sering kalahkan wakil Indonesia di final sukses buat Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terpana.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putri China, Ge Fei/Gu Jun yang sering kalahkan wakil Indonesia di final sukses buat Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terpana.

Pasangan Ge Fei/Gu Jun merupakan salah satu pasangan ganda putri terbaik yang pernah dimiliki oleh China di era 90-an hingga 2000-an. Bahkan menurut BWF, pasangan ganda putri ini merupakan pasangan yang modern di dalam segala hal dan bisa bertahan di bulutangkis kontemporer.

Menurut BWF, pasangan ganda putri China ini memiliki kelebihannya masing-masing. Ge Fei adalah pemain depan net yang sangat brilian, sedangkan Gu Jun memiliki kekuatan untuk terus menggempur dan menekan tanpa henti dari lapangan belakang.

Pasangan Ge Fei/Gu Jun berhasil melanjutkan dominasi China pada sektor ganda putri dan mengambil alih dominasi tersebut dari tangan pemain-pemain bulutangkis lainnya seperti Guan Weizhen, Nong Qunha, Lin Ying dan turut memastikan bahwa Negeri Tirai Bambu sama sekali tidak berada dalam ancaman dalam acara beregu untuk sektor ganda putri.

Contohnya saja, pada China kalah dari Indonesia di kompetisi Piala Uber 1994 dan 1996, pasangan Ge  Fei/Gu Jun sama sekali tidak tersentuh kekalahan. Bahkan, Ge Fei melahirkan duet yang bagus di ganda campuran dengan Liu Yong dan berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia dan Piala Dunia pada tahun 1997.

Selain itu, pasangan China ini juga sering mengalahkan pasangan Indonesia ketika berlaga di final. Contohnya saja di final Asian Games. Duet Gu Jun/Ge Fei berhasil mengalahkan pasangan Indonesia, Eliza Nathanel/Deyana Lombang dalam pertandingan rubber game dengan skor 12–15, 15–9, 15–11 untuk merebut medali emas.

Lalu di All England, pasangan Gu Jun/Ge Fei berhasil mengalahkan pasangan Indonesia, Eliza Nathanel/Zelin Resiana dalam pertandingan straight games dengan skor 15-6, 15-9. Wakil China ini bahkan tercatat sering mengalahkan pasangan Indonesia, Eliza Nathanael/Zelin Resiana.