Ulang Tahun ke-25, Kevin Sanjaya Sudah Bisa Cetak 3 Rekor Dunia

Minggu, 2 Agustus 2020 18:46 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Humas Yuzu
Di usianya yang ke-25 tahun, Kevin Sanjaya sudah meraih banyak sekali prestasi dan rekor-rekor dunia bersama pasangannya, Marcus Gideon, di nomor ganda putra. Copyright: © Humas Yuzu
Di usianya yang ke-25 tahun, Kevin Sanjaya sudah meraih banyak sekali prestasi dan rekor-rekor dunia bersama pasangannya, Marcus Gideon, di nomor ganda putra.

INDOSPORT.COM - Di usianya yang ke-25 tahun, Kevin Sanjaya sudah meraih banyak sekali prestasi dan rekor-rekor dunia bersama pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon, di nomor ganda putra. 

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo, berulang tahun yang ke-25 tepat pada hari ini, 02 Agustus 2020.

Pada usia yang bisa masih muda dan memasuki masa keemasan ini, Kevin Sanjaya bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideon sudah mendapatkan banyak sekali prestasi di dunia bulutangkis. 

Tak cuma meriah berbagai gelar super series maupun kejuaraan beregu dunia, pada usia 25 tahun Kevin Sanjaya juga sudah berhasil memecahkan tiga rekor dunia. 

Ranking 1 Terlama 

Rekor itu antara lain adalah ranking satu ganda putra terlama sepanjang sejarah bulutangkis dunia. Tak cuma ganda putra, bahkan nomor ganda secara keseluruhan. 

Rekor itu dipecahkan pada akhir Desember 2019 lalu di mana mereka 118 minggu masih menjadi nomor satu ranking BWF. Capaian ini diraih selama lebih dari dua tahun. Rekor itu pun terus bertambah sampai saat ini saat ranking BWF dibekukan sementara karena pandemi corona. 

Gelar Terbanyak

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, masuk dalam lima pebulutangkis dengan gelar juara terbanyak selama satu tahun. Catatan terbanyak ini hitungannya bukan secara khusus di ganda putra saja, melainkan pada semua nomor.

Torehan menawan Kevin/Marcus terjadi pada tahun 2018 lalu. Kala itu, Kevin/Marcus total mampu mengoleksi sembilan gelar World Tour.

Meski demikian, Kevin/Marcus harus berjuang ekstra keras lagi untuk bisa mengalahkan catatan tertinggi yang kini dipegang Kento Momota. Kita ketahui bersama, Kento menjadi pebulutangkis yang meraih gelar terbanyak dengan koleksi 11 gelar sepanjang 2019. 

Perolehan Poin

Maret 2018 lalu, pasangan Kevin/Marcus secara resmi menjadi ganda putra dengan poin tertinggi sepanjang masa. Kala itu, torehan poin Kevin/Marcus menembus angka 100.000 poin. 

Catatan Kevin/Marcus menggeser rekor yang sebelumnya dipegang oleh Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong. Kiprah Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong tercipta pada tahun 2015 lalu dengan catatan 98.530 poin.

Tak lama berselang, tepatnya September 2018 pasca gelaran Japan Open 2018, Kevin/Marcus bisa menambah poin lebih banyak lagi. Kevin/Marcus total mengumpulkan poin 106.283, atau belum ada pemain bulutangkis ganda putra yang mampu menyamainya.