Ikut Turnamen Internal, Ini Rencana Tak Terduga Hendrawan kepada Lee Zii Jia

Rabu, 12 Agustus 2020 22:59 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih tunggal putra Malaysia, Hendrawan memiliki rencana tak terduga untuk pebulutangkis Lee Zii Jia di turnamen internal yang digelar oleh Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

BAM diketahui menggelar turnamen bulutangkis internal untuk mengakali tidak adanya turnamen  internasional, dan sebagai pebulutangkis tunggal putra nomor 1 Malaysia, Lee Zii Jia terlibat dalam turnamen tersebut.

Sebagai pelatih dari Lee Zii Jia, Hendrawan mengatakan bahwa apapun hasil yang akan diterima oleh pebulutangkis tunggal putra Malaysia tersebut di turnamen bulutangkis internal yang digelar oleh BAM tidak akan mengganggu posisinya dalam skuat Piala Thomas 2020 pada 3-11 Oktober di Aarhus, Denmark.

Pelatih bulutangkis asal Indonesia itu malah mengatakan kalau dirinya telah meminta Lee Zii Jia bermain untuk dirinya sendiri dan tidak usah memusingkan faktor-faktor eksternal yang lain.

“Saya sempat berbicara dengan Zii Jia, saya tidak ingin dia terlalu mementingkan faktor eksternal tapi malah bermain untuk dirinya sendiri," ujar Hendrawan dikutip dari media News Straits Times.

Bahkan Hendrawan memiliki rencana tak terduga untuk tunggal putra nomor satu Malaysia tersebut, dimana menurutnya dengan Lee Zii Jia bertanding menghadapi lawan yang sudah hafal dengan pola permainannya maka itu akan berdampak bagus untuknya.

Sebab, ketika lawan yang sudah berkali-kali berhadapan dengannya mengetahui bahwa dirinya ternyata memiliki permainan yang lebih baik, maka itu artinya Lee Zii Jia berhasil membuktikan kualitas. Tetapi jika belum, maka tugasnya untuk melatih tunggal putra kebanggaan Malaysia itu agar jauh lebih baik lagi.

"Dari segi kondisi, dia baik-baik saja tetapi secara mental? Dia mungkin berpikir bahwa orang akan mengkritiknya jika dia kalah dari rekan setimnya yang berperingkat lebih rendah," lanjutnya.

 "Tetapi izinkan saya memberi tahu Anda hal ini, memainkan rekan satu tim Anda sendiri lebih sulit daripada yang Anda pikirkan. Anda bermain melawan mereka semua waktu sampai mereka tahu permainan Anda lebih baik daripada orang lain," tambahnya.

Terakhir, Hendrawan mengatakan kalau dirinya iingin Lee Zii Jia bermain dengan lepas di turnamen  bulutangkis internal, karena apapun hasil yang diperolehnya tidak akan mengubah apapun soal posisinya di Piala Thomas 2020.

"Saya tidak ingin Zii Jia bermain di bawah tekanan. Mari kita hadapi itu, hasil turnamen ini tidak akan mengubah apa pun untuk Zii Jia sejauh menyangkut Piala Thomas. Semua orang tahu ini," pungkasnya.

Tim bulutangkis Malaysia sendiri menempati grup yang sama dengan Indonesia di gelaran Piala Thomas 2020, tentunya akan menjadi hal yang menarik bagaimana duet Hendrawan dan Lee Zii Jia bisa membawa tim Negeri Jiran jadi pemuncak grup A.