Media Asing Analisis 3 Rahasia Kebangkitan Bulutangkis Jepang

Rabu, 7 Oktober 2020 19:18 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Sempat terpuruk dan kini perlahan bangkit, media asing asal China, Sports Sina menganalisis kebangkitan dari bulutangkis Jepang seperti sekarang ini. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Sempat terpuruk dan kini perlahan bangkit, media asing asal China, Sports Sina menganalisis kebangkitan dari bulutangkis Jepang seperti sekarang ini.

INDOSPORT.COM - Sempat terpuruk dan kini perlahan bangkit, media asing asal China, Sports Sina menganalisis kebangkitan dari bulutangkis Jepang seperti sekarang ini.

Dalam beberapa tahun terakhir memang bisa dikatakan bulutangkis Jepang mengalami perkembangan yang signifikan. Hal itu terjadi sejak pasangan Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo berhasil memenangkan medali emas Olimpiade pertama untuk tim Negeri Sakura.

Tidak hanya berhasil memenangkan medali emas Olimpiade pertama saja, dalam beberapa tahun terakhir bulutangkis Jepang juga sukses mencetak banyak Juara Dunia seperti Kento Momota dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara.

Dengan perkembangan pesat bulutangkis Jepang itu, berikut INDOSPORT.com menjabarkan apa yang menjadi rahasia kebangkitan mereka menurut media China:

Perubahan metode pelatihan dan banyaknya pelatih asing

Semenjak bergabungnya Park Joo-bong dengan tim bulutangkis Jepang, media China menyebut ada banyak perubahan metode pelatihan. Dengan perubahan pola latihan dari legenda Korea Selatan, tim Negeri Sakura kini berhasil berkembang sangat pesat.

Selain pola latihan yang berubah semenjak kedatangan Park Joo-bong, hal lainnya pun juga ikut berubah. Kini, tim Jepang sudah lebih banyak merekrut pelatih asing dan itu terbukti sangat manjur dimana kini mereka meraih banyak gelar.

Fokus pada regenerasi

Media China menyebut regenerasi yang terjadi di bulutangkis Jepang kini berkembang dengan sangat pesat. Bahkan banyak kompetisi yang digelar di level sekolah dasar hingga taman kanak-kanak demi menemukan pemain-pemain berbakat.

Tak hanya itu, para pemain Jepang juga kini sudah lebih banyak diundang ke stasiun TV untuk menceritakan bagaimana pengalaman yang mereka miliki selama bermain bulutangkis.

Dengan sistem seperti ini, sangat wajar jika tim bulutangkis Jepang tidak pernah kehabisan talenta berbakat. Menurut media China, fokus tim Negeri Sakura pada regenerasi sangat - sangat baik dan solid, maka tak heran jika saat ini mereka menjadi penantang terkuat di dunia.

Olimpiade Tokyo adalah ujian besar

Hal terakhir yang menurut media China membuat tim Jepang berkembang pesat adalah tanggung jawab besar yang diberikan kepada mereka di kompetisi Olimpiade Tokyo pada tahun 2021.

Bermain di hadapan pendukung sendiri tentunya pemain Jepang punya beban moral yang harus mereka pikul untuk tampil sebaik mungkin. Maka tak heran, dengan mission impossible, tim Negeri sakura akan berjuang sebaik mungkin untuk memberikan hasil terbaik di hadapan pendukung mereka.