Lee Yong-dae, Juara Olimpiade yang Sering Antiklimaks

Selasa, 29 Desember 2020 13:45 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra asal Korea Selatan, Lee Yong-dae. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra asal Korea Selatan, Lee Yong-dae.

INDOSPORT.COM - Kualitas pebulutangkis asal Korea Selatan Lee Yong-dae sudah tidak diragukan lagi. Tercatat tiga kali berstatus sebagai ganda nomer satu dunia dengan tiga pasangan berbeda, Yong-dae merupakan salah satu pemain ganda terbaik yang pernah ada di dunia.

Dalam perjalanan karier bulutangkisnya, bersama Jung Jae-sung, Lee Yong-dae sempat masuk Big Four Kings ganda putra dunia pada masanya. Ia masuk dalam lingkaran ganda kuat bersama Hendra Setiawan/Markis Kido, Cai Yun/Fu Hai Feng, hingga Ko Kian Keat/Tan Boo Heong dari Malaysia. 

Begitu pula saat tidak lagi bersama Jae-sung, Lee Yong-dae tetaplah kuat dengan pasangan barunya. Diketahui ia pernah berpasangan dengan Koo Sung-hyun dan Yoo Yeon-seong dan juga pernah menduduki peringkat satu dunia.  

Namun sayang, Lee Yong-dae terbilang selalu 'apes' dalam perebutan torehan gelar di beberapa kejuaran besar dunia. Bersama pasangannya, Yong-dae sering gagal meraih raihan terbaik.

Bersama Jung Jae-sung, ia selalu menelan kekalahan pahit sebelum menuju prestasi puncak. Lee/Jung tercatat hanya mampu sekali meraih medali emas yakni Kejuaraan Asia 2008 di Malaysia. Selebihnya, keduanya hanya mendapat perunggu (Asian Games 2006), perak (Kejuaran Dunia 2009), perunggu (Olimpiade 2012).

Bahkan saat bersama Yoo Yeon-seong ia harus menelan pahit gagal di final Asian Games 2014 karena dikalahkan oleh pasangan Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di depan para pendukungnya sendiri ketika itu.

Beruntung, sering gagal di ganda putra, Lee Yong-dae pernah merasakan meraih medali emas Olimpiade 2008 nomer ganda campuran bersama Lee Hyo Jung. Ketika itu, Yong-dae muda mengandaskan pasangan Indonesia, Nova Widyanto/Liliyana Natsir di final.

Lee Yong-dae saat ini diketahui kembali aktif bermain (sempat menyatakan pensiun). Ia sempat terlihat berpasangan dengan Kim Gi-jung di beberapa kejuaraan.