Bellaetrix Manuputty, Eks Pebulutangkis Pelatnas yang Terpaksa Pensiun Dini

Jumat, 1 Januari 2021 20:12 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Profil eks tunggal putri Indonesia Bellaetrix Manuputty, pebulutangkis Pelatnas yang terpaksa pensiun dini akibat cedera parah.

Pebulutangkis Bellaetrix Manuputty sempat menjadi salah satu tunggal putri yang digadang-gadang akan meneruskan estafet kejayaan Indonesia. Tetapi nasib kurang baik menimpanya.

Dikutip dari laman resmi PBSI, Bellaetrix Manuputty pertama kali masuk ke Pelatnas Cipayung pada tahun 2006 dari klub bulutangkis PB Jaya Raya. Namun prestasinya bisa dibilang tidak begitu mentereng walaupu sudah menjadi penghuni Pelatnas sejak tahun 2006.

Tetapi berkat kesuksesannya meraih medali emas SEA Games 2013 di nomor pertandingan individu tunggal putri, nama Bellaetrix pun mendadak melejit. Tercatat, wanita 32 tahun ini pernah menempati peringkat 22 dunia pada Mei 2014 yang menjadi peringkat tertinggi di sepanjang kariernya.

Raihan medali emas SEA Games 2013 rupanya menjadi klimaks dari prestasi eks pebulutangkis Pelatnas ini. Sebab di Piala Sudirman 2015, ia mengalami nasib yang kurang baik karena cedera ACL pad saat turnamen sedang berlangsung.

Akibat cedera ACL, eks tunggal putri Pelatnas ini pun terpaksa pensiun dini di tahun 2015. Setelah memutuskan pensiun, nama Bellaetrix Manuputty pun perlahan menghilang dari dunia bulutangkis.

Eks tunggal putri Indonesia itu pun diketahui juga aktif mengisi kanal Youtube-nya selepas pensiun dengan konten-konten yang menarik, dan bahkan tak jarang melakukan kolaborasi dengan pebulutangkis Pelatnas seperti Fajar Alfian hingga Gregoria Mariska.

Bellaetrix Manuputty juga sempat merambah dunia jurnalistik dengan menjadi pembawa acara olahraga di salah satu stasiun televisi swasta dan kerap membagikan aktivitas sehari-harinys melalui akun Instagram prbadinya dan kanal Youtubenya.