Hasil Pertandingan BWF World Tour Finals: Ahsan/Hendra Gagal Pertahankan Gelar

Minggu, 31 Januari 2021 15:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Lanjar Wiratri
© Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan gagal mempertahankan gelar BWF World Tour Finals usai ditaklukkan pemain Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Bertanding di Impact Arena, Bangkok, Minggu (31/01/21), Mohammad  Ahsan/Hendra Setiawan menghadapi lawan dari  Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-Lin, di partai puncak  BWF World Tour Finals.

Laga yang berlangsung sengit sejak menit awal ini pun berhasil dimenangkan oleh Lee/Wang secara straight game dengan skor 21-17, 23-22 dalam waktu 37 menit.

Mengawali set pertama, Lee/Wang langsung melakukan gebrakan yang membuat Ahsan/Hendra tak berdaya. Poin demi poin pun berhasil dikantongi pasangan Chinese Taipei.

Ahsan/Hendra yang sudah tertinggal lima angka dari Lee/Wang mencoba fokus ke permainan demi mengejar ketinggalan. Sayangnya, pertahanan Lee/Wang tak mampu ditembus hingga mencapai interval pertama 4-11.

Ahsan/Hendra masih mencoba mengejar skor. Mereka dengan sabar meladeni serangan cepat yang dilancarkan Lee/Wang. Ahsan/Hendra pun juga kerap diuntungkan dengan kesalahan dari lawannya.

Kedudukan saat ini 11-14, kesabaran Ahsan/Hendra masih diuji. Namun, mereka perlahan-lahan mampu menyamakan kedudukan menjadi 14-14, lewat beberapa kali pukulan smash setelah reli panjang.

Lee/Wang mencoba menjauh Ahsan/Hendra, beberapa serangan cepat pun sempat terjadi antar keduanya. Kini Lee/Wang mencapai matchpoint 20-17, sebelum menyudahinya dengan kemenangan 21-17.

Mengawali set kedua, laga sempat terhenti sejenak karena Lee mengalami masalah pada pencernaannya hingga muntah. Untungnya, laga bisa dilanjutkan.

Kedudukan saat ini berimbang 3-3. Ahsan/Hendra masih dengan sabar menanti serangan-serangan dari Lee/Wang sambil mencari peluang untuk mencuri poin.

Ahsan/Hendra kini merebut permainan 8-7, mereka pun tak ragu untuk memanfaatkan keunggulan dengan menekan lawan lewat permainan di depan net dan juga smash keras bertubi-tubi.

Lee/Wang ternyata juga tak mau mengalah dengan mencoba menyamakan kedudukan. Mereka pun kembali merebut interval kedua dengan keunggulan tipis 11-10.

Lagi, Lee/Wang masih tak mampu dikejar oleh Ahsan/hendra meski skor berjarak sangat tipis antara keduanya. Namun, Ahsan/Hendra mampu melalui persaingan ketat hingga matchpoin 20-19.

Lee/Wang masih bisa menyamakan kedudukan, dengan dua kali matchpoin terjadi. Smash dari Lee/Wang akhirnya mampu menyudahi permainan dengan merebut set kedua 23-21.

Dengan kemenangan ini, Lee/Wang tidak hanya dinobatkan sebagai juara BWF World Tour Finals 2020, namun juga juara umum setelah di dua turnamen Asian Leg sebelumnya, yakni Yonex Thailand Open dan Thailand Open mereka juga menjadi kampiun.

Sementara itu, Ahsan/Hendra hanya puas sebagai runner-up, yang mana ini memupuskan harapan Indonesia untuk bisa membawa pulang trofi WTF. Satu-satunya gelar juara yang disumbang oleh ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu di ajang Yonex Thailand Open.