Hans-Kristian Vittinghus, Pebulu Tangkis Denmark yang Jago Bahasa Indonesia Umumkan Pensiun

Selasa, 24 Mei 2022 08:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Badminton Photo
Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus. Copyright: © Badminton Photo
Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Hans-Kristian Solberg Vittinghus.

INDOSPORT.COM - Hans-Kristian Solberg Vittinghus, atlet bulutangkis asal Denmark yang jago berbahasa Indonesia, umumkan rencana pensiun melalui akun Twitter-nya.

Hans-Kristian Vittinghus adalah salah satu pebulu tangkis tunggal putra senior. Satu dari banyak pencapaian Hans adalah membawa Denmark menjuarai Piala Thomas 2016.

Selain itu, salah satu hal yang membuat atlet 36 tahun itu populer, karena ia juga menunjukkan ketertarikannya dengan Indonesia, bahkan ikut belajar bahasa Indonesia.

Tapi, setelah mencapai level senior, dan regenerasi tunggal putra Denmark mulai terlihat lewat Viktor Axelsen dan Anders Antonsen, Hans akhirnya dapat keputusan.

Ia mengaku akan segera pensiun, tepatnya pada tahun 2023 mendatang. Hal itu sudah ia umumkan pada Senin (23/05/22) malam.

"Saya pensiun! Tidak sampai beberapa waktu tahun depan!" tulis Hans-Kristian Vittinghus melalui laman Twitter-nya.

"Tetapi beberapa minggu yang lalu saya sampai pada kesimpulan bahwa 2023 akan menjadi yang terakhir saya di World Tour."

"Kapan tepatnya saya akan berhenti, masih harus diputuskan lagi, karena saya bekerja dengan skenario berbeda, dan tergantung pada berbagai faktor yang berbeda juga."

Walau baru pensiun pada tahun 2023 nanti, tapi Hans-Kristian Vittinghus punya alasan khusus mengapa ia berani mengumumkan hal itu pada pertengahan tahun 2022 ini.

"Yah, karena keputusan telah dibuat dan saya seratus persen yakin itu langkah yang tepat untuk saya, saya tidak melihat ada gunanya merahasiakannya," jelas Hans.