Wakil Malaysia Terancam Batal Tampil di BWF World Tour Finals 2022, Berkah Buat Indonesia?

Kamis, 10 November 2022 14:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tak menutup kemungkinan bakal menarik semua wakilnya dari BWF World tour Finals 2022. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tak menutup kemungkinan bakal menarik semua wakilnya dari BWF World tour Finals 2022.

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tak menutup kemungkinan bakal menarik semua wakilnya dari BWF World tour Finals 2022.

Disampaikan oleh Sekretaris Jenderal BAM, Datuk Kenny Goh, tingginya angka COVID-19  di tempat penyelanggaraan BWF World Tour Finals 2022, yaitu Guangzhou, China, jadi alasan utamanya.

Menurut data yang dirilis Reuters, Guangzhou, ibu kota provinsi Guangdong, per Selasa (08/11/22) dilaporkan terjadi 2.637 kasus baru yang terpapar COVID-19, naik dari 2.377 sehari sebelumnya.

Parahnya, laporan ini  jadi hari ketiga berturut-turut bagi Guangzhou dengan lebih dari 1.000 kasus harian dan lebih dari dua minggu sejak munculnya varian Omicron BA.5.2.

Hal tersebut rupanya berdampak pada aturan ketat yang diterapkan terhadap para pebulutangkis yang hendak tampil di BWF World Tour Finals.

China memperketat aturan kedatangan para pemain. Yakni, para pemain harus transit ke Bangkok untuk menjalani beberapa tes PCR selama tiga hari sebelum memasuki Guangzhou.

“Pemerintah China telah memperketat standar operasional prosedur (SOP) bagi para pemain untuk berlaga di Final karena meningkatnya kasus Covid-19 di Guangzhou,” ujar Kenny Goh dilansir dari The Star.

“Saya yakin Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) akan melakukan yang terbaik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemain,” kata Kenny.

Namun demikian, BAM tidak bisa mengesampingkan keamanan para pemainnya andaikan situasi COVID-19 di kota Guangzhou memburuk.

Jika situasi itu terjadi, maka BAM terpaksa memutuskan tidak akan mengirimkan para pemainnya meski BWF World Tour Finals menyediakan poin cukup untuk mendongkrak ranking.