Reuni di Indonesia Masters 2023, Jones Ralfy Jansen Ungkap Alasan Pindah Warga Negara

Sabtu, 28 Januari 2023 15:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© Badminton Europe
Jones Ralfy Jansen, pebulutangkis jebolan PB Djarum yang kini membela skuad Jerman. Copyright: © Badminton Europe
Jones Ralfy Jansen, pebulutangkis jebolan PB Djarum yang kini membela skuad Jerman.

INDOSPORT.COM - Hadir di Indonesia Masters 2023, pebulu tangkis Jones Ralfy Jansen mengungkap alasan mengapa ia pindah menjadi warga negara Jerman.

Diketahui, Jones Ralfy Jansen adalah atlet bulutangkis kelahiran Jakarta, 12 November 1992. Meski lahir di Indonesia, tetapi ia juga memiliki darah Jerman dari ayahnya.

Lahir dan besar di Indonesia, membuat Ralfy, sapaan akrabnya, jatuh cinta pada bulutangkis. Ia dan kakaknya, Cisita Joity Jansen akhirnya terpilih masuk PB Djarum. Ralfy pernah terpilih menjadi pemain terbaik di PB Djarum pada tahun 2010.

Kala itu Ralfy meraih juara di dua nomor, yakni ganda putra dan ganda campuran, pada ajang Kejurnas 2010. Ia berpartner dengan Dandi Prabudita dan Cisita Joity.

Namun, Cisita akhirnya memutuskan untuk mengikuti ayahnya untuk tinggal di Jerman. Seiring waktu, Jones Ralfy juga sudah lulus sekolah dan ia pun harus melanjutkan studi.

Dengan berbagai pertimbangan, Ralfy akhirnya memutuskan untuk menempuh pendidikan di Jerman. Hal itu ia ungkapkan usai bertanding di Indonesia Masters 2023.

"Waktu itu mau melanjutkan studi sih sebenarnya, kebetulan Cici juga sudah di Jerman," ungkap Jones Ralfy kepada eks pebulu tangkis nasional, Andrei Adistia.

"Terus karena mau melanjutkan studi, jadi okelah, kita mau coba dunia lain," ujarnya. Namun, Ralfy justru tak bisa meninggalkan dunia bulutangkis. Ia tetap berlatih rutin.

Ketika aktif bermain bulutangkis di Jerman, aksi Ralfy pun mencuri perhatian, sehingga pihak federasi memintanya untuk jadi atlet Pelatnas.