Mencari The Next Fajar Alfian, PBSI Resmi Gelar BNI Sirkuit Nasional A Jawa Barat

Senin, 6 Februari 2023 16:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di podium juara Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di podium juara Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Guna mencari bibit penerus pebulutangkis kelas dunia, PBSI resmi membuka BNI Sirkuit Nasional atau Sirnas 2023, hari ini, Senin (6/2/23).

Jawa Barat dikenal sebagai salah satu daerah penghasil pemain bulutangkis kelas dunia. Salah satu yang kini menjadi sorotan adalah Fajar Alfian.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kini menjabat sebagai ganda putra nomor satu dunia. Ada pula pebulutangkis tunggal putra nomor tiga dunia, yang selalu menjadi andalan, Anthony Ginting, asal Cimahi, Jawa Barat.

Jika ditarik ke generasi sebelumnya, atlet bulutangkis peraih medali emas Olimpiade pertama, Susy Susanti juga berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat.

Hal ini menandakan jika Jawa Barat sudah cukup terpandang di kancah bulutangkis. Sehingga, KONI Jabar mengambil kesempatan menjadi tuan rumah Sirnas.

Kota Bandung dipercaya menggelar seri pertama lewat Sirkuit Nasional kategori A, yang mempertandingkan kelompok pemula (U-15), remaja (U-17), dan taruna (U-19).

Ajang ini berlangsung pada 6-11 Februari di tiga tempat sekaligus. Mulai dari GOR KONI sebagai GOR utama, GOR Pajajaran, serta GOR Tri Lomba Juang sebagai pendukung.

Ketua Panitia Pelaksana, Herman Subarjah menuturkan, turnamen BNI Sirkuit Nasional A Jawa Barat diikuti oleh 1131 atlet yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kejuaraan Sirkuit Nasional A Jawa Barat 2023 diikuti oleh 1131 atlet dari 219 klub, pelatprov, dan pusdiklat di seluruh Indonesia," ucap Herman dalam laporannya.