Terkuak! PBSI Tak Pernah Siapkan Flandy Limpele jadi Pelatih Ganda Campuran Utama

Rabu, 1 Maret 2023 12:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Choi Won-Suk/AFP via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Flandy Limpele tinggalkan Pelatnas Cipayung dan merapat ke Hongkong. Begini klarifikasi PBSI. Copyright: © Choi Won-Suk/AFP via Getty Images
Legenda bulutangkis Indonesia, Flandy Limpele tinggalkan Pelatnas Cipayung dan merapat ke Hongkong. Begini klarifikasi PBSI.

INDOSPORT.COM - PBSI telah membuat klarifikasi atas kepindahan pelatih ganda campuran Indonesia, Flandy Limpele ke Hongkong. Apa yang sebenarnya terjadi?

Flandy Limpele adalah salah satu pelatih bulutangkis asli Indonesia yang sudah berkecimpung di kancah dunia. Ia dipulangkan ke Tanah Air pada April 2022 lalu.

Kala itu, Flandy dikontrak untuk jadi pelatih ganda campuran pratama. Namun ketika Nova Widianto tak memperpanjang kontrak, pelatih ganda campuran utama menjadi kosong.

Banyak yang menduga jika Flandy Limpele akan naik menjadi pelatih kepala ganda campuran utama, tetapi itu tak kunjung terjadi, sampai akhirnya ia mengumumkan akan pindah ke Hongkong.

"Hongkong memberi saya tawaran lebih tinggi dari PBSI. Itu termasuk kontrak dan kemajuan karir," Kata Flandy dikutip dari akun Twitter @BadmintonTalk, Selasa (28/02/23).

"Mereka menawarkan saya kontrak dua tahun dan posisi untuk memimpin seluruh departemen ganda. Ini adalah tantangan bagi saya dan saya ingin terus belajar."

Dari pernyataan ini, banyak pihak yang menyimpulkan jika PBSI tidak memberikan kontrak yang jelas pada Flandy, dan gaji yang ditawarkan juga tidak sepadan.

Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, mengaku menghormati keputusan Flandy Limpele ke Hongkong. Namun, ia menyatakan banyak hal yang perlu diluruskan kepada masyarakat.

"Pertama-tama, saya menghormati keputusan coach Flandy yang memilih meninggalkan Pelatnas Cipayung untuk melatih ke negara lain," kata Alex Tirta. 

Alex Tirta membantah pernyataan Flandy Limpele mengenai promosi jabatan sebagai kepala pelatih ganda campuran pelatnas.