In-depth

5 Fakta Menarik Usai Gelaran All England 2023, Ahsan/Hendra Cetak Rekor dan Axelsen Merana

Senin, 20 Maret 2023 15:22 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final All England 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di final All England 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik lahir usai gelaran turnamen bulutangkis All England 2023, salah satunya rekor gila yang diciptakan oleh Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan.

Turnamen bulutangkis salah satu yang bergengsi di dunia, All England 2023 baru saja rampung digelar sejak Selasa (14/03/23) hingga Minggu (19/03/23) kemarin.

Total terdapat lima pertandingan yang digelar dari seluruh sektor, termasuk pertarungan saudara antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardian vs Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan, di Birmingham Arena, Inggris.

Berkat All Indonesian Finals yang diciptakan di nomor ganda putra, memastikan Merah Putih berkibat di All England 2023 karena sudah pasti mengamankan satu gelar.

Menariknya, kedua ganda putra itu akan saling sikut di partai final. Dengan demikian, kembali tercipta All Indonesian Final pada edisi kali ini seperti tahun lalu.

Fajar/Rian yang merupakan unggulan pertama, sukses mengalahkan seniornya unggulan ke-3 Ahsan/Hendra, dengan skor 21-17, dan 21-14.

Kemenangan itu, membuat Fajri (julukan Fajar/Rian) berhasil kukuhkan diri jadi juara All England 2023. Gelar juara itu merupakan yang pertama bagi Fajar/Rian selama mengikuti All England.

Hasil ini bertolak belakang dengan All England 2022. Tahun lalu, Fajar/Rian langsung tersingkir di babak pertama setelah dikalahkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

"Tentu sangat bangga, sangat terharu akhirnya bisa juara All England, turnamen yang sangat bergengsi," ucap Rian dalam wawancara usai pertandingan.

"Tahun lalu kami kalah di babak pertama, alhamdulillah tahun ini kami bisa jadi juara."

Ini menjadi gelar juara yang kedua bagi Fajar/Rian di tahun 2023. Sebelumnya, mereka naik podium tertinggi di Malaysia Open 2023. 

Berikut beberapa fakta menarik lainnya usai gelaran turnamen bulutangkis All England 2023: