Si Tangan Kidal China Jadi Kutukan MS Indonesia, Ternyata Ada Peran Lin Dan dan Chen Long

Jumat, 26 Mei 2023 13:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis bertangan kidal dari China, Weng Hongyang, jadi kutukan tunggal putra Indonesia, menariknya hal ini tak lepas dari peran Lin Dan dan Chen Long.Foto: [email protected]

INDOSPORT.COM - Pebulu tangkis bertangan kidal dari China, Weng Hongyang, jadi kutukan bagi tunggal putra Indonesia. Menariknya, hal ini tak lepas dari peran Lin Dan dan Chen Long.

Turnamen bulutangkis Malaysia Masters 2023 tengah berlangsung saat ini. Ini menjadi ajang BWF World Tour Super 500 yang berlangsung 23-28 Mei 2023 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Weng Hongyang menjadi satu-satunya wakil China, negara asal Lin Dan dan Chen Long, yang tersisa di sektor tunggal putra.  Pemain peringkat 34 dunia tersebut secara mengejutkan mampu menembus babak perempat final.

Weng Hongyang melaju ke 8 besar usai mengalahkan unggulan kedua dari Indonesia, yakni Anthony Ginting 21-19, 21-15 di babak 16 besar Malaysia Masters di Axiata Arena di Bukit Jalil, Kamis (25/05/23).

Sebelumnya, Hongyang bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan eks tunggal putra no. 1 dunia dari Jepang Kento Momota 13-21, 23-21, 21-16 di babak 32 besar.

Bisa dibilang, ini menjadi penampilan terbaik Hongyang belakangan sejak memenangkan gelar BWF World Tour pertamanya di Korea Open pada April tahun lalu.

Weng Hongyang juga rupanya menjelma sebagai tunggal putra yang masih sulit dikalahkan oleh para pemain tunggal putra Indonesia.

Menilik dari rekor head-to-head dengan Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo, Weng Hongyang tercatat masih unggul semua.

Dengan Anthony Ginting, kemenangannya di babak 16 besar Malaysia Masters kemarin menjadikan skor head-to-head Weng Hongyang menjadi 2-0.

Artinya, Ginting yang berperingkat dua dunia tersebut masih belum mampu revans atas pemain yang dijuluki The Next Lin Dan tersebut.