Profil Weng Hongyang, The Next Lin Dan yang Pupuskan Mimpi Jonatan Christie

Minggu, 10 April 2022 18:37 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
© PBSI
Jonatan Christie vs Weng Hongyang di atas podiun pada turnamen Korea Open 2022. Foto: PBSI Copyright: © PBSI
Jonatan Christie vs Weng Hongyang di atas podiun pada turnamen Korea Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Tunggal putra China, Weng Hongyang tengah jadi sorotan dunia usai berhasil mengalahkan Jonatan Christie di final Korea Open 2022.

Weng Hongyang merupakan atlet bulutangkis yang lahir di Fuzhou, Fujian, China pada 18 Juni 1999. Saat ini usianya baru 22 tahun, akan tetapi kiprahnya di dunia bulutangkis langsung menuai decak kagum publik.

Terlebih Weng sudah membuktikan kemampuannya hingga mampu meraih gelar juara Korea Open 2022. Torehan apik itu disabet Weng Hongyang setelah menumbangkan unggulan ketiga asal Indonesia, Jonatan Christie.

Weng melumpuhkan Jojo lewat rubber game dengan skor 12-21, 21-19, 21-15 dalam tempo 1 jam 17 menit. Langkah Weng Hongyang di Korea Open 2022 bisa dibilang selalu disertai dengan keajaiban.

Seharusnya Weng tak bisa berkompetisi di turnamen kategori Super 500 itu. Pasalnya dirinya merupakan tunggal putra peringkat ke-156 dunia.

Hanya saja, mundurnya beberapa partisipan utama membuat Weng Hong Yang mendapat kesempatan tampil di babak utama dengan status pemain pengganti atau Promoted from Reserves (PFR).

Keajaiban tak berhenti di situ, Weng mampu menunjukkan tajinya saat berhadapan dengan pemain-pemain hebat. Di babak pertama, dirinya mengalahkan wakil tuan rumah, Heo Kwang-hee.

Kemudian di babak 16 besar dan perempat final, Weng Hongyang mengalahkan dua wakil Malaysia berturut-turut yakni Cheam June Wei dan Ng Tze Yong.

Selanjutnya, di babak semifinal giliran tunggal putra Denmark yakni Victor Svendsen yang berhasil ditumbangkan. Berkat prestasi apiknya, Weng Hongyang dijuluki The Next Lin Dan.