x

3 Bukti Indonesia Dirugikan oleh Hasil Undian All England

Selasa, 13 Maret 2018 11:30 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
All England.

Salah satu turnamen bulutangkis tertua dan paling elite, All England 2018, akan dimulai besok, Rabu (14/03/18). Pertandingan akan dilangsungkan di Arena Birmingham, Inggris. Di ajang All England 2018, Indonesia mengirimkan 14 wakil yang terbagi dalam lima nomor berbeda, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Untuk nomor tunggal putra, Indonesia mengirim tiga orang wakil, yakni Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan Tommy Sugiarto. Sementara untuk tunggal putri hanya satu orang saja, yakni Fitriani. Nomor ganda sendiri menjadi yang paling banyak mengirim wakil. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 10 pasangan akan diandalkan untuk bisa meraih gelar juara.

Baca Juga

Namun sejak hasil undian diumumkan, Indonesia seolah mendapat kerugian. Ini terlihat dari undian yang membuat pemain Indonesia harus perang saudara sejak babak awal. Seperti hasil undian yang diperoleh beberapa pemain Merah Putih berikut ini.


1. Ganda Putra

Angga Pratama/Rian Agung Saputro

Di babak pertama ganda putra, sang juara bertahan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan bertemu rekan sendiri, yakni Angga Pratama/Rian Agung Saputro. Angga/Rian yang merupakan pasangan baru, belum pernah bertemu Kevin/Marcus di turnamen mana pun.

Kemudian, pemenang partai tersebut memiliki kemungkinan untuk bertemu ganda Indonesia lainnya di babak kedua, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sang runner up German Open 2018 ini harus lebih dulu menghadapi pasangan Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Kedua pasangan ini juga belum pernah bertemu sebelumnya.


2. Tunggal Putra

Anthony Ginting dan Tommy Sugiarto.

Di sektor tunggal putra, undian tidak menguntungkan menimpa dua pemain Indonesia, Anthony Ginting dan Tommy Sugiarto. Keduanya harus bertemu di babak pertama yang berlangsung besok, Rabu (14/03/18).

Anthony dan Tommy sudah pernah bertemu dua kali dan semuanya dimenangkan oleh Tommy. Pertemuan terakhir mereka berlangsung di Thailand Master 2017. Saat itu, Anthony menyerah dengan skor 21-16, 18-21, dan 14-21.

Sementara satu wakil tunggal putra lainnya adalah Jonatan Christie. Pemain 20 tahun ini akan bertemu dengan pemain Hongkong, Wong Wing Ki Vincent. Laga ini akan menjadi ajang balas dendam Jonatan atas kekalahannya tahun lalu di French Open.


3. Ganda Campuran

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Indonesia Masters 2018.

Selain Kevin/Marcus, Indonesia juga memiliki unggulan satu lainnya, yakni Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Pasangan yang populer dipanggil Owi/Butet ini ditantang ganda Rusia, Evgenij Dremin/Evgenia Dimova. Keduanya belum pernah bertemu.

Lalu pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja akan menghadapi pasangan peringkat 9 dunia asal Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing. Sayangnya, jika Hafiz/Gloria bisa melewati rintangan pertama, mereka berpotensi bertemu Tontowi/Liliyana di babak kedua.

Anthony Sinisuka GintingAll EnglandFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoTontowi Ahmad/Liliyana NatsirMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoAnthony GintingHafiz Faizal/Gloria Emanuelle WidjajaAll England 2018

Berita Terkini