x

Piala Thomas & Uber Bertepatan Ramadan, Para Pebulutangkis Puasa atau Tidak?

Kamis, 10 Mei 2018 19:52 WIB
Editor: Juni Adi
Skuat Thomas dan Uber Cup Indonesia foto bersama bersama pengurus PBSI.

Turnamen bergengsi bulutangkis dunia, Piala Thomas dan Uber akan kembali bergulir pada 20 hingga 27 Mei mendatang, di Bangkok, Thailand.

Menariknya, kejuaran beregu dua tahunan itu berlangsung bertepatan dengan bulan Ramadan yang diperkirakan akan jatuh pada 15 Mei 2018.

Hal ini tentunya jadi perbincangan dikalangan publik, tentang apakah para atlet akan beribada puasa atau tidak lantaran dituntut untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya, demi target maksimal yang dipatok oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Baca Juga

1. Sikap PBSI

Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI.

Menyikapi hal tersebut, PBSI melalui Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasinya, Susy Susanti mempersilahkan bagi atletnya yang ingin menunaikan puasa selama turnamen berlangsung, sebab dirinya yakin kalau para atlet bisa menyesuaikan kondisinya masing-masing.

"Kalau itu masing-masing atlet seharusnya sudah bisa mengukur kemampuan mereka sendiri," kata Susy Susanti, saat ditemui di acara pelepasan Tim Thomas dan Uber Indonesia beberapa waktu lalu.

"Saya tidak bisa memaksakan apakah seorang atlet harus puasa atau tidak. Pemain sudah profesional kok. Mereka sudah tahu kapasitas dan tanggung jawab," tambahnya.


2. Komentar Pelatih

Minarti Timur.

Selain itu, pelatih kepala tunggal putri, Minarti Timur juga memberikan komentarnya mengenai turnamen Piala Thomas dan Uber yang bentrok dengan jadwal puasa.

Senada dengan Susy, Minarti juga tak mempermasalahkannya, yang terpenting baginya para atlet bisa profesional dan fokus terhadap tugasnya masing-masing.

"Mereka membela negara jadi harus punya tanggung jawab di situ. Harus latihan dulu. Bukannya menghina, tapi untuk saat ini mereka harus bisa fokus di porsi latihan," ujar Minarti.


3. Daftar Atlet Thomas dan Uber yang Muslim

Skuat Thomas dan uber Cup Indonesia foto bersama.

Dalam tim putra, terdapat lima atlet yang beragama Islam yang kemungkinan menjalani ibadah puasa yakni Ihsan Maulana Mustofa, Firman Abdul Kholik, Mohammad Ahsan, Fajar Alfian, dan Muhammad Rian Ardianto.

Sedangkan di tim putri, atelt yang muslim ialah Fitriani, Dinar Dyah Ayustine, Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris, dan Rizki Amelia Pradipta.

Piala ThomasPiala UberPBSISusy Susanti

Berita Terkini