x

3 Tunggal Puteri Ini Bisa Bawa Bulutangkis Indonesia Berjaya

Kamis, 1 November 2018 17:35 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Legenda bulutangkis Indonesia, Susy Susanti.

INDOSPORT.COM - Indonesia yang telah dikenal sebagai salah satu kekuatan di dunia bulutangkis dunia memiliki kelemahan di sektor tunggal putri. Tapi sekarang Indonesia boleh sedikit bernafas lega karena telah memiliki sejumlah talenta yang bisa berprestasi di nomor tunggal putri.

Sejatinya kita memiliki tunggal putri yang handal pada era 90-an, ketika itu sosok Susy Susanti adalah bintang karena berhasil menjuarai Olimpiade 1992 untuk pertama kali. Sayangnya, setelah itu tidak muncul lagi srikandi-srikandi yang bisa menyamai apa yang dicapai oleh Susy Susanti di tunggal putri.

Baca Juga

Tiap kali ada ajang besar yang dihelat, nomor tunggal puteri menjadi sektor yang tidak diharapkan akan berprestasi lebih karena biasanya tidak akan melangkah jauh. Untunglah perlahan sosok yang bisa menggantikan Susy Susanti perlahan mulai muncul.

Setidaknya ada tiga tunggal puteri Indonesia yang akhir-akhir ini sudah mulai menunjukan grafik permainan yang menanjak. Tentu ini menjadi harapan agar muncul tunggal puteri yang handal dan dapat bersaing dengan para pebulutangkis tingkat dunia seperti Tai Tzu Ying.

Baca Juga

Dilansir dari situs berita olahraga Fox Sports, berikut INDOSPORT rangkum 3 tunggal puteri yang bisa bawa bulutangkis Indonesia berjaya:


1. Gregoria Mariska Tunjung

Gregoria Mariska Tunjung di ajang Denmark Open 2018.

Tak ada lagi keraguan kalau Gregoria Mariska Tunjung akan terus menjadi pebulutangkis yang patut diperhitungkan. Pada umurnya yang baru berusia 19 tahun, ia sudah masuk dalam 20 besar pebulutangkis puteri terbaik menurut ranking BWF.

Baca Juga

Tepatnya dalam update terbaru hari ini, Gregoria Mariska telah berhasil naik lagi dan kini menempati posisi ke-15. Sejak masih di tingkat junior, Gregoria Mariska memang sudah menunjukan bakat besarnya dengan mencapai babak final kejuaraan Junior Asia 2016 lalu.

Di tahun ini saja, ia sudah mengoleksi tiga gelar di tingkat internasional Series termasuk Finlandia Open. Di ajang sebesar Denmark Open, Gregoria Mariska bahkan membuat kejutan dengan mencapai babak semifinal yang sampai mengundang pujian dari Susy Susanti.


2. Fitriani

Fitriani, tunggal putri Indonesia.

Fitriani adalah anak muda Indonesia lain yang layak untuk disaksikan dan tak kalah dengan Gregoria Mariska. Ia pernah masuk dalam tim Indonesia yang memenangi medali perak World Junior Champions 2013 dan 2014.

Baca Juga

Fitriani pelan-pelan mulai menapaki karier yang lebih baik dengan beberapa permainan yang solid. Hasilnya ia mampu mencapai babak final Vietnam Open 2015, padahal Fitriani baru berusia 16 tahun saja.

Setelah itu, Fitriani terus mengasah kemampuannya dengan tampil dalam tiga semifinal di level Grand Prix Gold. Dalam ranking BWF, Fitriani kembali alami kenaikan peringkat yang membuatnya menempati posisi ke-35 untuk saat ini.


3. Ruselli Hartawan

Ruselli Hartawan.

Saat ini, pebulutangkis berusia 20 tahun itu sudah menempati peringkat ke-65 dunia dan perlahan mulai menanjak kariernya. Memang jika dibandingkan dengan Fitriani dan Gregoria Mariska, Ruselli Hartawan mengalami perkembangan paling lamban.

Tetapi, itu tidak menutup potensi besar yang dimiliki oleh Ruselli untuk menjadi pebulutangkis yang handal. Dia adalah bagian dari tim pemenang medali perak World Junior Champions 2013 dan 2014 serta perempatfinalis Youth Olympics 2014 yang lalu.

Baca Juga

Pengalamannya yang sudah pernah menjadi juara di Malaysia Internasional 2017 dan Singapura Internasional telah menempa semangat juangnya untuk terus melatih dirinya agar bisa menjadi pebulutangkis andalan Indonesia.

Ikuti Terus Update Bulutangkis dan Berita Sport Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IndonesiaSusy SusantiRuselli HartawanGregoria MariskaFitrianiRaketTRIVIA

Berita Terkini