x

3 Negara yang Wakilnya Baru Sekali Juara di Ajang Indonesia Masters

Kamis, 24 Januari 2019 12:27 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Tai Tzu-ying juara Indonesia Masters 2018 setelah kalahkan Saina Nehwal.

INDOSPORT.COM - Turnamen bulutangkis bergengsi BWF World Tour Super 500, Indonesia Masters, telah berjalan 8 edisi. Indonesia Masters 2019 menjadi gelaran ke-9 sejak pertama kali dihelat pada tahun 2010.

Indonesia sebagai tuan rumah mendominasi perolehan gelar juara Indonesia Masters dengan total raihan 21 gelar. Indonesia berkuasa di nomor ganda putra dan ganda campuran setidaknya dalam 5 edisi terakhir.

Baca Juga

Selain itu, negara besar bulutangkis Asia, seperti China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel), juga tidak kalah gemilang di turnamen yang dulunya bernama Indonesia Open Grand Prix Gold itu.

China tercatat menjadi peraih gelar juara terbanyak kedua setelah Indonesia dengan total 10 gelar. Di urutan ketiga, Jepang, Korsel, dan Thailand berimbang dengan perolehan 2 gelar.

Baca Juga

Namun demikian, ada pula pebulutangkis hebat dunia dari negara lain yang ternyata baru sekali meraih juara turnamen Indonesia Masters.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan 3 negara yang wakilnya baru sekali meraih juara di ajang Indonesia Masters.


1. Chinese Taipei (Taiwan)

Tai Tzu Ying juara tunggal putri MalaysiaSSP 2017.

Wakil negara Chinese Taipei baru sekali meraih gelar juara di Indonesia Masters, yakni Tai Tzu-ying. Ia sukses meraih juara tunggal putri pada ajang Indonesia Masters 2018 lalu.

Tai Tzu-ying yang saat ini menduduki peringkat 1 BWF itu mengalahkan Saina Nehwal di babak final. Ia menang mudah atas tunggal putri asal India tersebut dua set langsung 21-9, 21-13.

Baca Juga

Tai Tzu-ying menjadi pebulutangkis pertama Chinese Taipei yang meraih gelar juara di Indonesia Masters selama 9 edisi Indonesia Masters.

Sektor tunggal putri biasanya dikuasai oleh pebulutangkis China. Mereka mendominasi perolehan juara dengan raihan 4 kali gelar juara.


2. India

Prannoy Haseena Sunil Kumar.

Wakil asal India tercatat pernah sekali menjuarai Indonesia Masters pada tahun 2014. Kala itu, Prannoy Sunil Kumar meraih juara tunggal putra setelah mengalahkan Firman Abdul Kholik.

Prannoy mengalahkan Firman lewat pertarungan dua set langsung dengan skor 21-11, 22-20. Kemenangan itu lantas membuatnya menjadi pebulutangkis India pertama yang memenangi gelar Indonesia Masters.

Baca Juga

Selain itu, kesuksesan Prannoy juga memutus rentetan juara tunggal putra Indonesia yang selalu berjaya  sejak pertama kali digelar tahun 2010.


3. Malaysia

Ganda putri Malaysia, Vivian Hoo/Woon Khe.

Kerapkali tampil di Indonesia Masters, wakil Malaysia ternyata baru sekali meraih juara pada ajang ini. Prestasi terbaik itupun terjadi pada 2011 silam di Palembang.

Kala itu, pasangan ganda putri Vivian Hoo Kah Mun/Woon Khe Wei sukses memenangkan gelar setelah menumbangkan Bao Yixin/Zhong Qianxin.

Baca Juga

Kemenangan tersebut diraih dengan susah payah. Vivian Hoo/Woon Khe Wei harus melewati pertandingan rubber game 19-21, 21-19, 21-18.

Ikuti Terus Update Indonesia Masters 2019 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

BWFMalaysiaIndiaChinese TaipeiVivian Ka Mun Hoo/Wei Woon KheTRIVIATai Tzu YingBulutangkisIndonesia Masters 2019

Berita Terkini