x

Ada Peran Indonesia dalam Kesuksesan Jepang Cetak Pebulutangkis Sekelas Kento Momota

Minggu, 9 Februari 2020 17:13 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Jepang mencetak pebulutangkis sekelas Kento Momota ternyata tak terlepas dari peran pelatih-pelatih asal Indonesia.

Dilansir dari situs olahraga Antara, hal tersebut diungkapkan langsung oleh kepala tim pelatih bulutangkis di sekolah tingkat menengah almamater Momota, Futaba Future School, Saito di Futaba, Prefektur Fukushima, Jepang, Jumat (07/02/20) lalu.

Baca Juga

Menurut Saito, pelatihan ala Indonesia dengan berbagai teknik yang diterapkan pada Kento Momota sangat cocok untuknya, sehingga meskipun dulu ketika awal masuk sekolah tingginya hanya sekitar 150 cm, namun kini ia berhasil menjelma sebagai salah satu pebulutangkis kelas dunia.

Saito yang sudah menjabat menjadi kepala tim pelatih sejak tahun 2006, menuturkan kalau pada tahun yang sama ia juga mengajak pelatih asal Indonesia untuk mengajar di Futaba Future School karena menganggap Indonesia sebagai model ideal dalam dunia bulutangkis.

Bulutangkis sendiri menjadi pelajaran tambahan bagi siswa tingkat SMP dan menjadi jurusan khusus untuk pelajar tingkat SMA, di mana sekolah tersebut tempat Kento Momota menimba ilmu selama 6 tahun.

"Menurut pelatihnya saat itu, Nunung Wibianto dan Imam Tohari, Momota mempunyai bakat luar biasa yang tidak seperti siswa Jepang lainnya sehingga dia mendapat perhatian lebih," ujar Saito.

Baca Juga

Bahkan Futaba Future School tak hanya sukses mencetak pebulutangkis sekelas Kento Momota saja, tetapi juga pebulutangkis sekelas Yuta Watanabe.

Bahkan kini tak hanya dua pelatih asal Indonesia saja yang bergabung, tetapi juga pelatih Indonesia lainnya yakni  Stephanus Ricki asal Klaten dan Anton Kurnia asal Solo yang menjadi pelatih bulutangkis Futaba Future School sejak tahun 2013 dan 2017.

JepangIndonesiaKento MomotaBulutangkisBerita OlahragaBerita SportBerita Bulutangkis

Berita Terkini