x

Jadi Lawakan hingga Masuk Pelatnas PSBI, Kirsty Gilmour Kini Menjelma Jadi Ratu Bulutangkis Skotlandia

Senin, 13 Juli 2020 16:05 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Kirsty Gilmour yang dulu pernah menjadi bahan 'lelucon' suporter Indonesia, kini sedang menapaki jalan kebangkitan sebagai Ratu Bulutangkis Skotlandia.

INDOSPORT.COM - Kirsty Gilmour yang dulu pernah menjadi bahan 'lelucon' supoter Indonesia dan berlatih di Pelatnas PBSI, kini sedang menapaki jalan kebangkitan sebagai Ratu Bulutangkis Skotlandia. 

Pernah ingat nama Kirsty Gilmour, pebulutangkis tunggal putri asal Skotlandia? Namanya pernah mencuat sekitar lima tahun lalu saat dirinya berlaga di Tanah Air. 

Pada saat itu dirinya dijadikan bahan lelucon bagi para suporter yang memadati Istora Senayan Jakarta, dalam ajang Axiata Cup 2014 ketika dirinya berjumpa dengan wakil tuan rumah, Lindaweni. 

Saat itu kedudukan 5-3 untuk keunggulan Lindaweni atas Gilmourr, tetapi wakil Skotlandia itulah yang melakukan servis karena sukses mengambil poin.

Baca Juga
Baca Juga

Ketika hendak melakukan servis, atlet Skotlandia itu mendapat sorakan dari para pencinta bulutangkis yang datang menyaksikan pertandingan.

Entah karena gugup atau apa, servis yang dilakukannya pun terlalu jauh ke belakang dan keluar dari lapangan sehingga menghasilkan poin untuk Lindaweni Fanetri.

Tak berhenti di situ saja, kejahilan suporter Indonesia terus berlanjut saat Gilmourr kembali hendak melakukan servis di kedudukan 5-8 atas Lindaweni. Tetapi, jika di servis sebelumnya, ia tampak biasa-biasa saja, berbeda yang terjadi di servis kali ini.

Sudah mengambil ancang-ancang dan hendak melakukan servis, namun teriakan-teriakan suporter Indonesia benar-benar membuatnya gagal fokus hingga akhirnya membuat pebulutangkis Skotlandia tersebut ikut tertawa bahkan sampai memohon perhatian dari para pencinta bulutangkis Tanah Air.

Baca Juga
Baca Juga

Kendati pernah menjadi korban keisengan suporter Indonesia, Gilmour tetap memberikan sanjungannya dan berharap bisa kembali bermain di Tanah Air pada akun Instagram pribadinya.


1. Kebangkitan Ratu Bulutangkis Skotlandia

Kirsty Gilmour yang dulu pernah menjadi bahan 'lelucon' suporter Indonesia, kini sedang menapaki jalan kebangkitan sebagai Ratu Bulutangkis Skotlandia.

Kini karier Kirsty Gilmour terus berkembang. Selain pernah jadi 'lawakan' di Indonesia, ia juga pernah menimba ilmu saat ikutan latihan di Pelatinas PBSI sebelum turnamen bersama dengan tunggal putri dunia, Carolina Marine.

Karier yang dijalani Kirsty Gilmour mengalami pasang surut. Ia sempat berada di posisi terbaik yakni 14 dunia (2016) sehingga dirinya dijuluki Ratu Bulutangkis Eropa. 

Namun, di usianya yang ke-26 tahun ini ia mengalami penurunan ke ranking 29 BWF. Salah satu penyebab utamanya adalah cedera dengkul yang ia alami setahun terakhir. 

Masalah itu pula yang membuatnya absen dari Scotland Open, kejuaraan yang dua kali pernah ia menangkan. Meski begitu, hal itu tak menghalanginya untuk terus bangkit. 

Ia saat ini tengah merintis dari bawah untuk mengumpulkan poin demi lolos kualifikasi Olimpiade untuk kontingen Inggris Raya. 

Namun langkah Ratu Bulutangkis Skotlandia itu tidaklah mudah. Ia harus mengumpulkan banyak poin. 

Tak tampil di Scotland Open bukanlah masalah bagi Kirsty, karena kejuaraan level 100 itu hanya menghasilkan 4000 sebagai pemenang. 

Sebaliknya, ia kini berkonentrasi untuk mengikuti babak pertama Korea Masters yang menawarkan 7000 poin bagi pemain yang sanggup menjuarainya. 

"Sangat sulit tidak berada di Skotlandia bermain," ujar Kirsty. “Saya pikir ketika saya menikmati bulutangkis saya bermain sangat baik.

Mari kita doakan saja semoga Kirsty Gilmour bisa terus tampil jauh untuk mendapatkan poin agar bisa berlaga di Olimpiade Tokyo 2000 termasuk turnamen bulutangkis bergengsi seperti Indonesia Open dan Indonesia Masters serta kembali bertemu dengan fans Tanah Air.

PBSISkotlandiaBulutangkisBerita BulutangkisKirsty Gilmour

Berita Terkini