x

Ulang Tahun, Ini Fakta Serba Pertama Kevin Sanjaya

Minggu, 2 Agustus 2020 13:01 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di pertandingan All England 2017.

INDOSPORT.COM – Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya, berulang tahun yang ke-25 hari ini, Minggu (02/08/20). Berikut ini deretan fakta serba pertama yang pernah diraih Kevin selama kariernya di bulutangkis.

Bisa dibilang, Kevin Sanjaya adalah sebuah fenomena di dunia bulutangkis era modern. Berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, Kevin mampu mengepakkan sayapnya hingga level tertinggi di dunia olahraga tepok bulu.

Kefantastisan Kevin Sanjaya meledak di tahun 2017, di mana wakil Indonesia itu tercatat berhasil meraih tujuh gelar bersama Marcus Gideon dan akhirnya meraih 7 gelar dari 9 partai final yang mereka lakoni.

Sejak saat itu, setiap aksi Kevin/Marcus di lapangan selalu menyita perhatian. Semua orang berharap pasangan nomor 1 dunia itu memenangkan setiap turnamen yang mereka lakoni.

Baca Juga
Baca Juga

Tepat pada hari ulang tahun Kevin yang menginjak seperempat abad, ada baiknya INDOSPORT menyajikan fakta-fakta serba pertama yang pernah dikantongi pemain yang dikenal dengan aksi tengilnya itu.

1. Gelar Pertama bersama Marcus Gideon

Awalnya di tahun 2014 silam, Kevin Sanjaya berpasangan dengan Selvanus Geh dan berhasil meraih beberapa gelar seperti Vietnam Vietnam International, Bulgarian International hingga akhirnya meraih gelar di New Zealand Open dan berhasil menjadi runner-up di Indonesia Masters.

Namun setahun kemudian, Selvanus Geh yang menderita penyakit yang mengharuskannya keluar dari Pelatnas untuk menjalani perawatan. Pelatih Herry IP akhirnya menduetkan Kevin Sanjata dengan Marcus Gideon.

Pasangan ini sempat mengalami pasang surut performa sampai akhirnya apa yang dinanti-nantikan terjadi. Kevin/Marcus berhasil meraih gelar perdana sebagai pasangan di turnamen Chinese Taipei Masters seusai mengalahkan wakil Malaysia, Hoon Thien How/Lim Khim Wah dengan skor 21-12, 21-8.

2. Gelar Pertama di Tour Level 500, 750, 1000

Tahun 2018 merupakan tahun emas bagi Kevin Sanjaya dan pasangannya Marcus Gideon. Pada tahun ini, mereka memenangkan delapan gelar juara dari 9 turnamen yang dilakoni di sepanjang gelaran BWF World Tour. Delapan gelar itu tersebar pada seri 500, 750 dan 1000.

Selain itu, di tahun tersebut Kevin juga berhasil mencatatkan beberapa rekor kemenangan pertama di sepanjang kariernya. Kevin yang saat itu masih berusia 23 tahun meraih gelar pertama untuk Super 500 di ajang Indonesia Masters.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu Kevin/Marcus menjadi juara Indonesia Masters 2018 usai menundukkan pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen dengan rubber set  11-21, 21-10, 21-16.

Kemenangan Kevin di level 750 untuk pertama kalinya dia raih saat tampil bersama Marcus di ajang Japan Open. Kevin/Marcus kembali mengalahkan Li Junhui/Liu Yuchen dengan skor 21-11, 21-13.

Sementara gelar pertama di level super 1000 diraih Kevin saat memenangkan All England Open. Masih berduet dengan Marcus, mereka menundukkan pasangan Denmark Mathias Boe/Carsten Mogensen dengan skor 21-18, 21-17.


1. 3. Gelar Beregu Pertama

Salah satu pebulutangkis berbakat Indonesia, Kevin Sanjaya

Tidak hanya meraih gelar pertama sebagai ganda putra, Kevin juga berhasil mencatatkan gelar beregu pertama saat dia membela Indonesia di ajang ASEAN Games 2015.

Kevin dan rekan-rekannya mampu menyabet medali emas usai mengungguli tim dari Thailand (perak), Malaysia (perunggu) dan Singapura (perunggu).

Sementara di nomor individu, Kevin/Marcus hanya mampu meraih medali perak usai ditaklukkan rival sesama Indonesia Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi.

Baca Juga
Baca Juga

Kegagalan mereka meraih medali emas di sektor ganda putra SEA Games mampu dibalaskan Kevin/Marcus pada edisi berikutnya, yakni tahun 2018 yang berlangsung di Jakarta-Palembang.

Pasangan ini mendapatkan podium pertama setelah mengalahkan pasangan Malaysia, Hoh V Shem/Tan Wee Kiong dalam dua gim dengan skor 22-20, 21-19.

4. Ranking 1 Dunia Pertama Junior

Kevin Sanjaya untuk pertama kalinya berhasil menempati peringkat satu dunia untuk kategori yunior pada tahun 2012 berdasarkan perubahan peringkat dari badan bulutangkis dunia (BWF).

Di belakang Kevin, ada dua pemain tanah air lainnya, yakni Edi Subaktiar dan Arya Maulana yang mengukuhkan dominasi Indonesia dengan menduduki peringkat 2-3 junior.

Sementara saat terjun sebagai senior, Kevin/Marcus berhasil menjadi ganda putra nomor satu dunia untuk pertama kalinya pada 16 Maret 2017. Hal ini diraih setelah mereka menjuarai All England 2017.

Kevin/Marcus naik empat peringkat dengan menggeser pasangan dari Malaysia, Goh V Shem/Tan Wee Kiong, ke posisi kedua.

Berdasarkan data yang dirilis BWF World Ranking hari ini, Kamis (16/3/2017), Kevin/Marcus mengumpulkan 73051 poin. Sementara itu pesaing mereka, Goh/Tan, mengumpulkan 72467 poin.

Kevin SanjayaIndonesia Masters 2014Kevin Sanjaya/Marcus GideonTRIVIAFeatureBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini

Berita Terpopuler