x

Ulang Tahun, Inilah 3 Rekor Tak Lazim Hendra Setiawan

Selasa, 25 Agustus 2020 13:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Hendra Setiawan/Pramudya Kusumawardana Riyanto di Mola TV PBSI Home Tournament.

INDOSPORT.COM - Hendra Setiawan berulang tahun yang ke-36 tahun hari ini, Selasa (25/8/20). Sepanjang kariernya, ganda putra yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan ini mengantongi rekor tak lazim.

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan tengah diselimuti kebahagiaan lantaran hari ini, Selasa (25/8/20), dirinya merayakan ulang tahun ke-36.

Sosok Hendra Setiawan sendiri merupakan salah satu atlet bulutangkis putra yang sangat berperan untuk kemajuan bulutangkis Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Pria kelahiran Pemalang ini bahkan sudah menelurkan sederet prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Dengan pengalamannya berkarier selama hampir 15 tahun, Hendra Setiawan dianggap sebagai teladan bagi keluarga, atlet pelatnas Cipayung, atlet luar negeri dan bahkan oleh para pecinta bulutangkis.

Di antara segudang prestasi yang sudah dia raih, Hendra Setiawan ternyata mengantongi tiga rekor tak lazim yang tidak mungkin belum pernah dipecahkan atlet lainnya.

Berikut ini INDOSPORT memaparkan tiga rekor yang pernah diraih Hendra Setiawan:

1. Menjadi Juara Dunia Tertua

Hendra Setiawan menjadi pebulutangkis tertua yang berhasil memenangkan medali emas atau juara dunia di usianya yang ke-35 tahun, atau tepatnya pada 2019.

Baca Juga
Baca Juga

Gelar juara dunia ini diraih Hendra bersama pasangannya, Mohammad Ahsan, di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019. Saat menjadi juara, Hendra sudah menginjak usia 35 tahun, sedangkan pasangannya Ahsan berusia 31 tahun.

Pasangan Ahsan/Hendra sukses meraih gelar Juara Dunia ketiga usai mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dalam pertandingan rubber game dengan skor 25–23, 9–21, 21–15 di St.Jakobshalle, Swiss.


1. 2. Meraih Gelar Juara Dunia di Hari Ulang Tahun

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, juara BWF World Tour 2019

Bukan hanya menjadi juara dunia tertua saja, Hendra Setiawan berhasil mengantongi gelar tersebut tepat di hari ulang tahunnya. Ya, saat itu final Kejuaraan Dunia tepat berlangsung pada 25 Agustus yang menjadi hari lahirnya.

Lebih dari itu, gelar juara dunia di Basel itu bagi hendra merupakan koleksi keempat miliknya. Bersama Markis Kido, Hendra menjadi juara dunia 2007.

Sedangkan saat berpasangan dengan Hasan, mereka menjadi kampiun di ajang serupa pada 2013 di Guangzhou, China dan 2015 di Jakarta.

3. Tak Terkalahkan di Kejuaraan Dunia

Usai memenangi Kejuaraan Dunia 2019, Hendra Setiawan dan pasangannya Mohammad Ahsan juga mencatatkan sejarah baru untuk pertama kali dalam karier mereka di bulutangkis.

Keduanya tercatat tak pernah mengalami kekalahan saat turun ambil bagian di ajang bergengsi tersebut, dari 15 laga yang mereka jalani tanpa satupun menelan hasil kekalahan.

Dengan status mereka sebagai juara Kejuaraan Dunia 2013, 2015, dan 2019, mereka setidaknya sudah bertanding tiga kali di turnamen tersebut dengan torehan 15 kali kemenangan dari 15 laga yang mereka jalani.

Hendra SetiawanHendra Setiawan/Mohammad AhsanFeatureBulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2019Berita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini