x

Apa Kabar Takuto Inoue/Yuki Kaneko, Ganda Jepang yang Nyaris Pecundangi Kevin/Marcus

Senin, 12 Oktober 2020 20:15 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Takuto Inoue/Yuki Kaneko dan Kevin/Marcus di ajang Indonesia Open 2018

INDOSPORT.COM - Masih ingat dengan salah satu ganda putra Jepang bernama Takuto Inoue/Yuki Kaneko? Dua tahun lalu, pasangan ini nyaris mempecundangi Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di ajang Asian Games 2018. Lalu, bagaimana kabarnya kini?

Sudah tidak diragukan lagi bahwasanya Kevin Sanjaya/Marcus Gideon adalah 'raja' dari sektor ganda putra bulutangkis saat ini. Hanya terdapat beberapa segelintir nama yang mampu menyulitkan mereka di atas lapangan.

Baca Juga
Baca Juga

Sebut saja Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Rian Ardianto. Kedua nama tersebut beberapa kali kedapatan kerap menyulitkan Kevin/Marcus di berbagai ajang. 

Beruntung, baik Ahsan/Hendra maupun Fajar/Rian sama-sama berasal dari Indonesia. Setidaknya hal ini memperbesar kemungkinan All Indonesia Final di berbagai ajang yang diselenggarakan oleh BWF.

Selain dari Indonesia, terdapat juga beberapa wakil ganda putra dari negara lain yang suka menyusahkan Kevin/Marcus selama ini. Sebut saja Li Jun Hui/Liu Yu Chen dari China, Choi Sol-gyu dan Seo Seung-jae dari Korea Selatan, dan Lee Yang/Wang Chi-lin dari Chinese Taipei.

Serta jangan lupakan satu nama mengerikan untuk para fans Kevin/Marcus. Mereka adalah Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dari Jepang. Bahkan, di Indonesia sendiri mereka memiliki julukan khusus, yakni 'Kryptonite' untuk Kevin/Marcus.

Marcus Gidoen dan Kevin Sanjaya bersama dengan Yuta Watanabe dan Hiroyuki Endo.

Keperkasaan Kevin/Marcus dalam beberapa tahun belakangan ini di sektor ganda putra membuat mereka berdua bak superman. Sebuah julukan yang unik selain minions tentunya.

Namun, 'superman' tersebut seakan tak berdaya tatkala bersua dengan Endo/Watanabe. Total dari delapan kali pertemuan, Kevin/Marcus hanya mampu menang dua kali saja.

Kevin/Marcus sendiri sejatinya kerap kesulitan melawan wakil-wakil dari Jepang. Selain Endo/Watanabe, terdapat pula Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Takuto Inoue/Yuki Kaneko.

Meskipun tidak separah saat bersua Endo/Watanabe, Kevin/Marcus tetap kesulitan dalam meraih kemenangan ketika melawan dua wakil Jepang lainnya itu.

Misalnya seperti saat melawan Kamura/Sonoda, Kevin/Marcus memiliki rekor 11 kali menang dan lima kali kalah. 11 Kali menang itu pun tiga di antaranya harus melalui rubber game.

Sementara rekor melawan Inoue/Kaneko lebih bagus, meskipun lagi-lagi harus bersusah payah. Total dari delapan kali pertemuan, Kevin/Marcus memenangkan semuanya. Namun, tiga di antaranya harus melewati rubber game.

Takuto Inoue/Yuki Kaneko.
Baca Juga
Baca Juga

Termasuk saat Kevin/Marcus nyaris dipermalukan di ajang Asian Games 2018 silam. Bermain di Istora Senayan, Jakarta, minions nyaris dipermalukan di depan ribuan pendukungnya sendiri.

Pada laga tersebut, sejatinya Kevin/Marcus berhasil memenangkan game pertama dengan mudah yakni 21-16. Namun seringnya eror dan miskomunikasi membuat Kevin/Marcus harus kalah di game kedua dengan skor tipis, 19-21.

Puncaknya adalah di game ketiga. Kevin/Marcus kesulitan lewat permainan cepat Inoue/Kaneko dan sempat tertinggal angka, meskipun hasilnya dimenangkan lewat pertarungan dramatis 21-18.

Usai dikalahkan oleh Kevin/Marcus di ajang Asian Games 2018, nama Inoue/Kaneko pun seakan meredup dan menghilang dari peredaran. Lantas, kemanakah pasangan ini sekarang? Berikut INDOSPORT berikan ulasannya.


1. Terus Kalah dari Kevin/Marcus dan 'Dibuang' dari Pelatnas Jepang

Takuto Inoue/Yuki Kaneko dan Kevin/Marcus melakukan selfie di ajang Indonesia Open 2018

Usai kekalahan dari Kevin/Marcus di ajang Asian Games 2018, Inoue/Kaneko sejatinya sempat beberapa kali bertemu dengan minions sebanyak tiga kali. 

Saat itu, Inoue/Kaneko bertemu Kevin/Marcus di ajang Malaysia Masters, 18 Januari 2019 dan menelan kekalahan dengan skor 13-21, 25-23, dan 14-21.

Lalu keduanya bertemu lagi di Malaysia Open pada 4 April 2019 lalu. Mereka kalah dari Kevin/Maercus lewat dua set, 8-21 dan 19-21.

Lalu pertemuan terakhir keduanya terjadi di ajang Indonesia Open 2019 lalu, pada tanggal 16 Juli 2019. Kala itu, Inoue/Kaneko harus kalah dari Kevin/Marcus lewat tiga set, 22-20, 16-21 dan 14-21.

Selain melawan Kevin/Marcus, laga terakhir yang dilakoni oleh Takuto Inoue/Yuki Kaneko adalah di kejuaraan Korea Master 2019 di Gwangju. Langkah mereka hanya mampu sampai fase 16 besar usai dihentikan oleh wakil Chinese Taipei, Lee Jhe-huei/Yang Po-hsuan dengan skor 14-21, 14-21.

Kabar terakhir bahwa Takuto Inoue/Yuki Kaneko telah dikeluarkan dari pelatnas Jepang untuk musim 2020 ini. Posisi mereka digantikan oleh Akira Koga/Taichi Saito, usai mengalahkan Inoue/Kaneko di kejuaraan All Nippon Championships 2019 (kompetisi internal Jepang).

Sebelum menyudahi perjalanan bulutangkisnya bersama pelatnas Jepang, Inoue diketahui memberikan sebuah salam perpisahan yang hangat kepada para fansnya di Indonesia.

Pesan tersebut menyiratkan sebuah permintaan maafnya karena tidak mampu bertanding di ajang Indonesia Masters 2020 lalu, karena bukan lagi bagian dari pelatnas Jepang.

JepangKevin Sanjaya/Marcus GideonRaketTakuto Inoue/Yuki KanekoBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini