x

Akibat Lockdown, Australian Open 2021 Merugi Ratusan Miliar

Sabtu, 20 Februari 2021 03:45 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Indra Citra Sena
Akibat lockdown, kompetisi Grand Slam Australian Open 2021 mengalami banyak kerugian yang totalnya mencapai ratusan miliar rupiah.

INDOSPORT.COM - Akibat lockdown, kompetisi Grand Slam Australian Open 2021 mengalami banyak kerugian yang totalnya mencapai ratusan miliar rupiah.

Dilansir dari situs olahraga abcnews, Direktur kompetisi Australian Open 2021, Craig Tiley mengatakan bahwa turnamen Grand Slam itu telah mencatatkan kerugian hingga ratusan miliar akibat lockdown yang diterapkan oleh pemerintah Australia.

Baca Juga
Baca Juga

Pemerintah Australia diketahui kembali memberlakukan lockdown untuk memperlambat penyebaran virus Covid-19, yang akhirnya membuat Tennis Australia harus menerima kenyataan bahwa kerumunan 30 ribu penonton yang direncanakan sebelumnya terpaksa harus ditiadakan.

Bahkan negara bagian Victoria yang melakukan lockdown selama 5 hari membuat gerbang dari Melbourne Park harus ditutup untuk umum, dan sebanyak 100 ribu tiket untuk menonton kompetisi Australian Open 2021 sudah dikembalikan.

Akibatnya panitia penyelenggara Australian Open 2021 pun kehilangan pendapatan dari penjualan tiket. Tidak hanya itu, Tennis Australian juga harus menanggung seluruh tagihan untuk sejumlah protokol kesehatan terkait virus Corona untuk para pemain yang terpaksa harus dikarantina pada bulan Januari lalu.

Baca Juga
Baca Juga

"Ini akan sulit [untuk melihat kerugiannya]. Ini tidak akan mudah. ​​Kita akan kehilangan jutaan dolar untuk acara ini. Jelas kami mendapat pukulan besar dengan lima hari tanpa penonton," katanya.

"Karena ketika Anda tidak menjual barang dagangan [dan] sponsor, tidak ada pendapatan yang masuk. Anda tidak menjual tiket atau keramahan premium. Jadi lima dari 14 hari, itu sangat merugikan kami," ujar Tiley kepada stasiun radio SEN di Melbourne.


1. Akibat Lockdown, Australian Open 2021 Merugi Ratusan Miliar

Akibat lockdown, kompetisi Grand Slam Australian Open 2021 mengalami banyak kerugian yang totalnya mencapai ratusan miliar rupiah.

Bahkan lebih lanjut lagi, penitia Australian Open 2021 mengatakan bahwa mereka terpaksa harus mengambil pinjangan dan menghabiskan cadangan kas yang tersisa demi memastikan kalau kompetisi Grand Slam ini bisa terlaksana.

"Kami memiliki cadangan 80 juta dollar Australia (setara Rp881,1 miliar) dan kami akan menghabiskannya serta kami akan mengambil pinjaman dari 40 hingga 60 juta dollar Australia (setara Rp439,8 - Rp659,8). Ini kerugian besar, tapi kami belum menyelesaikan jumlahnya. Kami masih harus melihat apa yang bisa kami dapatkan," lanjutnya.

Sebelumnya, pihak panitia penyelenggara Australia Open 2021 sudah memproyeksikan bahwa mereka akan mendapatkan 30 ribu penonton di setiap pertandingan sebelum perempat final, dan akan mendapatkan sekitar 25 ribu penonton sejak perempat final.

Kendati merugi hingga ratusan miliar rupiah, pihak penyelenggara kompetisi Grand Slam ini tetap bangga bisa menyelenggarakan Australian Open tahun ini di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

AustraliaGrand SlamTenisBerita OlahragaBerita SportBerita TenisVirus CoronaAustralian Open 2021

Berita Terkini