x

5 Fakta Menarik Novak Djokovic yang Melaju ke Final Australian Open 2021

Jumat, 19 Februari 2021 14:28 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor:
Sukses melaju ke final kompetisi Australian Open 2021, inilah lima fakta menarik soal petenis Serbia Novak Djokovic.

INDOSPORT.COM - Sukses melaju ke final kompetisi Australian Open 2021, inilah lima fakta menarik soal petenis Serbia Novak Djokovic.

Bermain di Rod Laver Arena, Kamis (18/02/21) kemarin, petenis Novak Djokovic berhasil mengalahkan wakil Rusia Aslan Karatsev dalam pertandingan tiga set langsung dengan skor akhir 6-3, 6-4, 6-2.

Baca Juga
Baca Juga

Berkat kemenangan atas Aslan Karatsev di semifinal, Novak Djokovic pun berhak melaju ke final Australian Open 2021 untuk mempertahankan gelar yang diraihnya pada tahun 2020 lalu.

Bahkan petenis asal Serbia itu mengaku sudah sangat nyaman dengan lapangan Melbourne Park dan merasa sangat percaya diri untuk bisa mempertahankan gelarnya di Australian Open 2021.

“Saya merasa lebih nyaman di lapangan setiap tahun karena saya kembali. emakin banyak Anda menang, jelas semakin percaya diri yang Anda miliki dan semakin menyenangkan perasaan Anda di lapangan. Rasanya benar," ujar Novak Djokovic sebelum kompetisi Australian Open 2021 digelar seperti dikutip dari situs ATPTour.

Tetapi dibalik itu semua, ternyata ada lima fakta menarik soal petenis Novak Djokovic yang berhasil melaju ke final Australian Open 2021. Berikut INDOSPORT jabarkan 5 fakta menarik soal wakil Serbia dilansir dari ATPTour:

Baca Juga
Baca Juga

Start yang baik

Petenis Novak Djokovic berhasil mencatatkan sebuah start yang baik di kompetisi Grand Slam ini. Petenis Serbia tercatat merebut set pertama dalam 11 dari 13 pertandingannya di Australian Open. Bahkan jika kehilangan set pertama dalam 3 dari 8 partai final, ia tetap berhasil mengangkat trofi.

Lewati rekor Roger Federer dan Pete Sampras

Fakta-fakta menarik soal Novak Djokovic yang melaju ke Final Australian Open 2021.

Petenis Novak Djokovic sukses melampaui catatan persentase kemenangan Roger Federer dan Pete Sampras, dimana ia berhasil mencatatkan 91% di kompetisi Grand Slam Australian Open, dimana dirinya main 81 kali dan kalah 8 kali.

Catatan itu  itu brhasil melewati rekor Federer yang mencatatkan kemenangan 88,6% di Wimbledon dari 101 kali mengikuti pertandingan dan kalah 13 kali, serta rekor Sampras di 90% (bermain 63 kali dan kalah 7 kali).


1. Lolos ke Final Australian Open 2021, Ini 5 Fakta Menarik tentang Novak Djokovic

Sukses melaju ke final kompetisi Australian Open 2021, inilah lima fakta menarik soal petenis Serbia Novak Djokovic.

Tak pernah kalah di final Australian Open

Petenis Serbia berhasil mencapai final pertama di gelaran Australian Open pada tahun 2008 lalu di Melbourne Park dan tidak pernah kalah di final saat bermain di Rod Laver Arena.

Kemudian di tahun 2012, petenis Novak Djokovic juga berhasil mengalahkan Rafael Nadal di partai final dalam pertandingan lima set dengan skor 5-7, 6-4, 6-2, 6-7, 7-5 untuk mencatatkan pertandingan final terlama di sepanjang sejarah turnamen.

Mesin Pematah Servis di Final Australian Open

Fakta-fakta menarik soal Novak Djokovic yang melaju ke Final Australian Open 2021.

Djokovic diketahui berhasil mematahkan servis lawan sebanyak 45 kali dalam delapan laga final Australian Open, dan tidak pernah kurang dari tiga kali dalam satu pertandingan.

Kalau dirata-rata, dia lebih dari satu kali mematahkan servis lawan pada setiap set selama laga finalnya di Melbourne Park. Total dia menjalani 31 set selama final Australian Open.

Dalam empat laga final Australian Open terakhirnya (2015, 2016, 2019, dan 2020), ia berhasil mematahkan servis setidaknya lima kali dalam satu pertandingan.

Melakukan Ace Paling Banyak

Petenis Novak Djokovic sukses memuncaki peringkat teratas ace di kompetisi Australian Open 2021. Dimana saat berhadapan dengan Frances Tiafoe, wakil Serbia sukses mencetak 26 ace dan menjadi yang terbanyak.

Fakta-fakta menarik soal Novak Djokovic yang melaju ke Final Australian Open 2021.

Setidaknya, Novak Djokovic berhasil mencatatkan minimal 20 ace dalam setiap pertandingan yang diikutinya di gelaran Grand Slam ini. Tercatat petenis Serbia berhasil mencetak 100 ace pada enam pertandingan Australian Open yang diikutinya.

Grand SlamSerbiaNovak DjokovicTenisBerita OlahragaBerita SportBerita TenisAustralian Open 2021Australian Open

Berita Terkini