x

Hasil Badminton Paralimpiade Tokyo, Suryo Nugroho Persembahkan Medali Perunggu

Sabtu, 4 September 2021 15:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis difabel, Suryo Nugroho yang berhasil meraih medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020

INDOSPORT.COM – Bermain gigih, pebulutangkis tunggal putra Suryo Nugroho berhak atas medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020.

Pada perebutan tempat ketiga kategori MS SU5 yang berlangsung pada Sabtu (04/09/21) Pukul 14.00 WIB ini, Suryo Nugroho menantang tunggal putra Chinese Taipie Fang Jeng Yu.

Secara rekor pertemuan, Suryo mampu menang 5-0 dari pemain Chinese Taipei itu. Tetapi ia tidak mau lengah.  Sejak menit pertama berjalan, bahkan pertandingan sudah terlihat sengit.

Skor pun silih berganti didapat. Bahkan Suryo sempat tertinggal 4-5 dari Fang Jeng Yu. Namun ia mampu membalikkan keadaan ketika mampu meraih skor 17-16.

Baca Juga
Baca Juga

Sejak saat itu, Suryo bermain stabil hingga babak pertama selesai dengan skor 21-16 untuk keunggulan Suryo. Pada set kedua, sejatinya pola permainan tidak berubah.

Namun Suryo lebih menaikkan intensitas serangannya. Setidaknya ia mengamankan skor 5-3 untuk keunggulannnya. Sempat membalikkan keadaan pada skor 6-7, nyatanya Fang Jeng Yu tidak berkutik setelahnya.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan Suryo terus memimpin kendali dengan skor 11-9 sebelum interval game kedua. Setelah jeda, Suryo semakin percaya diri untuk mengumpulkan poin demi poin.

Alhasil ia berhasil meraih 10 poin beruntun  hingga skor menjadi 21-9. Alhasil, skor akhir pun menjadi 21-16, 21-9 untuk kemenangan Suryo, Dengan hasil ini, Suryo berhak meraih medali perunggu. 


1. Lika-Liku Perjalanan Suryo Nugroho Sampai Ke Paralimpiade Tokyo

Pebulutangkis difabel, Suryo Nugroho yang berhasil meraih medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020

Diketahui, selain cabang olahraga Taekwondo, para badminton adalah cabang olahraga yang mengawali debutnya tampil di ajang Paralimpiade .

Pencapaian Suryo menjadi catatan manis dalam perjalanan karirnya yang berliku. Diketahui, Suryo adalah atlet kelahiran Surabaya, 17 April 1995. Sejak kecil, ia menggemari olahraga bulutangkis.

Ia bahkan terus menggeluti bidang yang disukainya itu. Namun nasib nahas sempat menghentikan mimpinya kala ia terlibat kecelakaan motor yang membuat tangan kirinya harus diamputasi.

Sejak saat itu, ia dirundung kemalangan. Ia mencoba healing dan menemukan motivasi baru dalam kondisinya yang baru. Setidaknya 3 tahun dibutuhkan Suryo untuk dapat kembali bangkit.

Pembuktiannya hari ini, ia berhasil meraih medali perunggu di Paralimpiade. Sementara medali emas diraih oleh tunggal putra unggulan kedua dari Malaysia Cheah Lie Hou yang berhasil mengalahkan tunggal putra Indonesia, Dheva Anrimusthi.

BWFParalimpiade Tokyo 2020Berita BulutangkisDheva AnrimusthiSuryo Nugroho

Berita Terkini