x

Profil Tim Piala Sudirman 2021: Finlandia, Uji Nyali Sang Tuan Rumah

Rabu, 22 September 2021 13:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Finlandia dan Piala Sudirman.

INDOSPORT.COM – Finlandia menjadi tuan rumah sekaligus salah satu negara peserta Piala Sudirman 2021. Berikut ini profil negara peserta Piala Sudirman 2021, Finlandia.

Turnamen lambang supremasi bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, akan segera bergulir tepatnya pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Baca Juga
Baca Juga

Awalnya, kota Suzhou di China ditunjuk sebagai tuan rumah. Namun peraturan ketat pemerintah China terkait pandemi COVID-19, tidak memungkinkan turnamen digelar.

Akhirnya, BWF memutuskan menunjuk kota Vantaa, Finlandia, menggantikan China sebagai tuan rumah turnamen dua tahunan ini.

Piala Sudirman 2021 sendiri akan menjadi turnamen ke-17 ajang bergengsi ini sejak pertama kali digelar di Jakarta pada tahun 1989.

Bila dibandingkan dengan edisi sebelumnya yang mengundang 32 kontestan, pada edisi kali ini hanya akan ada 16 tim yang bertanding dan terbagi ke dalam empat grup berbeda.

Finlandia termasuk salah satu dari 16 tim yang bertanding itu. Mereka tergabung di grup A bersama dengan China, Thailand dan India.

1. Rekan Jejak

Finlandia awalnya hanya bertindak sebagai tuan rumah. Mereka berada di daftar cadangan pertama dan baru bisa ikut apabila ada salah satu kontestan yang mengundurkan diri.

Kesempatan ini pun datang ketika dua negara unggulan Prancis dan Australia kompak mengundurkan diri. Finlandia dan negara di belakangnya yakni Tahiti mendapatkan lampu hijau masuk ke undian utama.

Baca Juga
Baca Juga

Ini akan menjadi pengalaman pertama bagi Finlandia di dalam merasakan ketatnya persaingan di grup utama Piala Sudirman.

Sebelumnya Finlandia pernah berpartisipasi di turnamen Piala Sudirman pada  pada 1997 hingga 2007, sedangkan Tahiti pada edisi 2017. Namun pada saat itu mereka tergabung di Grup 3.


1. 2. Skuat dan Sektor Unggulan

Pebulutangkis asal Finlandia, Kalle Koljonen.

Finlandia memiliki  skuat dengan kekuatan yang hampir merata di semua sektor. Pada sektor tunggal putra, Finlandia memiliki Kalle Kojonen yang lbaru saja mengikuti Olimpiade Tokyo 2020.

Di bawah asuhan pelatih asal Indonesia, Imam Teguh Santoso, pebulutangkis peringkat 67 dunia ini sempat menjadi ancaman bagi peraih medali emas Olimpiade Viktor Axelsen (Denmark) dan Luka Wraber dari Austria di babak penyisihan grup.

Koljonen juga sempat jadi rival sengit Axelsen kala bertemu di babak semifinal Kejuaraan Eropa 2021. Namun, Koljonen gagal melaju ke final usai dikalahkan Axelsen secara dua set 14-21, 14-21.

Selain Koljonen, Finlandia juga bakal diperkuat oleh sejumlah pebulutangkis juara nasional 2020, seperti ganda putri Mathilda Lindholm/Jenny Nyström, dan pemain ganda campuran Anton Kaisti.

Saat menjadi juara nasional tahun lalu, Anton Kaisti berpasangan dengan Oskari Larkimo dan Inalotta Suutarinen, namun kedua pasangannya tidak dipanggil oleh timnas ke Piala Sudirman.

Berikut skuat Finlandia  di Piala Sudirman:

Putra:

Kalle Koljonen
Joakim Oldorff
Tony Lindelöf
Nella Siilasmaa
Anton Kaisti

Putri:
Nella Nyqvist
Mathilda Lindholm
Jenny Nyström
Joonas Korhonen
Iikka Heino
Hanna Karkaus,
Jesper Paul
Iina Suutarinen

Pemain Cadangan:

Heidi Puro.
Miika Lahtinen.
Jere Övermark.
Eetu Heino


2. 3. Prediksi

Finlandia dan Piala Sudirman.

Finlandia diprediksi akan merasakan sensasi uji nyali dalam debutnya di Piala Sudirman 2021. Pasalnya, mereka langsung menghadapi unggulan pertama China, dan dua tim kuda hitam Thailand dan India pada babak penyisihan grup.

Finlandia akan mengalami Piala Sudirman 2021 dengan menggadapi China pada Minggu (26/09/21), dilanjutkan dengan melawan Thailand pada hari Senin, 27 September dan selang dua hari kemudian menghadapi India.

Bila melihat kedalaman skuat tiga rival di fase penyisihan grup, Finlandia tentunya harus jatuh bangun untuk mengumpulkan poin demi poin agar bisa lolos ke babak berikutnya.

Hanya ada dua negara teratas yang bisa lolos ke babak perempat final. China sudah dipastikan menjadi juara grup, sedangkan Thailand dan India mungkin akan saling sikut memperebutkan posisi runner up.

Sementara, Finlandia tampaknya memang harus mengandalkan doa dan keajaiban untuk  bisa menggeser dominasi Thailand dan India agar bisa mendampingi China ke babak berikutnya.

Piala SudirmanFinlandiaprofilBulutangkisBerita BulutangkisPiala Sudirman 2021

Berita Terkini