x

Profil Tim Piala Sudirman 2021: Jepang, Timpang Tapi Tetap Menakutkan

Sabtu, 25 September 2021 18:07 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:

INDOSPORT.COM - Berikut profil tim bulutangkis Jepang yang masuk Grup D di Piala Sudirman 2021. Meskipun tampil dengan timpang, tim ini tetap menakutkan.

Jepang tergabung di Grup D bersama dengan Malaysia, Inggris, dan Mesir. Tim Negeri Matahari Terbit itu melangkah ke Piala Sudirman 2021 dengan status unggulan kedua.

Sayangnya, di edisi ke-17 ini Jepang tampil dengan sedikit timpang. Pasalnya mereka tidak akan diperkuat dengan dua ganda putra terbaiknya, yakni Takeshi Kamura/Keigo Sonoda serta Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Baca Juga
Baca Juga

Yuta hanya akan tampil di nomor ganda campuran bersama Arisa Higashino. Selain itu, Jepang juga harus kehilangan pilar penting mereka yakni pebulutangkis ganda putri, Sayaka Hirota yang diketahui tengah dibekap cedera.

Meski kekuatannya tidak seprima pada edisi lalu, kemampuan tim bulutangkis Jepang tetap tidak bisa diremehkan. Pasalnya masih banyak sejumlah pebulutangkis hebat yang siap menunjukkan tajinya.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satunya Kento Momota yang dipercaya untuk menjadi kapten tim. Momota kini menyandang status sebagai pebulutangkis tunggal putra nomor satu dunia.

Atlet berusia 27 tahun itu akan didampingi oleh tunggal putra no.2 nasional, Kenta Nishimoto. Nishimoto sendiri saat ini menduduki peringkat 16 dunia versi BWF.


1. Rekam Jejak dan skuad Tim Bulutangkis Jepang

Pasangan ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, memegang trofi juara All England 2021 setelah memenangi laga final melawan Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo (Jepang) di Utilita Arena Birmingham, Minggu (21/3/2021).

Jepang berhasil melangkah ke babak final pada Piala Sudirman edisi ke-16. Saat itu mereka tampil dengan kekuatan penuh dan harus berhadapan dengan Cina di babak final.

Sayangnya, Jepang harus mengakui kekuatan Cina setelah kalah dengan skor 0-3. Jepang juga berhasil mencapai babak final di Piala Sudirman 2015.

Sementara itu di Piala Sudirman 2017, tim Negeri Matahari Terbit itu gugur di babak semifinal. Meski kali ini tampil dengan kekuatan yang timpang, pasukan yang dikawal oleh pelatih Kepala Park Joo-bong itu akan tetap berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik.

Berikut daftar pemain putra tim bulutangkis Jepang di Piala Sudirman 2021: 

Berikut daftar pemain putri tim bulutangkis Jepang di Piala Sudirman 2021: 


2. Prediksi Jepang di Piala Sudirman 2021

Pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara saat melakukan selebrasi.

Kali ini kekuatan Jepang akan bergantung di nomor tunggal putra. Mereka juga akan mengandalkan pasangan ganda campuran peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Yuta Watanabe / Arisa Higashino.

Di nomor ini juga, Jepang membawa pelapis Yuki Kaneko / Misaki Matsutomo yang telah kembali ke pelatnas. Meski tampil timpang, pasukan Park Joo-bong itu tetap menjadi ancaman bagi Grup D Piala Sudirman 2021.

Malaysia adalah lawan yang harus diwaspadai oleh skuad Jepang. Pasalnya mereka punya Lee Zii Jia, tunggal putra nomor delapan dunia yang jadi andalan.

Zii Jia diketahui kerap merepotkan Kento Momota di sejumlah turnamen Super Series. Sementara itu, Inggris dan Mesir punya kedalaman skuad yang berada di bawah Jepang.

JepangKento MomotaPiala Sudirman 2021

Berita Terkini