x

Profil Tim Piala Sudirman 2021: Inggris, Skuat Terbaik Kedua di Eropa

Sabtu, 25 September 2021 16:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena

INDOSPORT.COM – Profil singkat tim bulutangkis Inggris yang tergabung di Grup D turnamen akbar Piala Sudirman 2021, berikut ulasan singkatnya dari rekam jejak, sektor unggulan dan prediksi.

Kejuaraan lambang supremasi bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2021, sebentar lagi bergulir pada 26 September hingga 3 Oktober mendatang.

Turnamen Piala Sudirman sendiri ialah turnamen yang digelar 2 tahun sekali, dan pertama kali di gelar di Istora Gelora Bung Karno pada 24-29 Mei 1989, dengan Indonesia selaku sang pencetus menjadi juaranya.

Baca Juga
Baca Juga

Pada edisi Piala Sudirman 2021 yang ke-17 kali ini, diikuti 16 tim yang akan berpartisipasi dan bakal dibagi ke dalam empat grup yang berbeda.

Inggris menjadi salah satu tim peserta yang tergabung dalam Grup D bersama salah satu penantang gelar Jepang, lalu ada Malaysia dan Mesir. Berikut profil singkat tim Inggris di Piala Sudirman 2021:

Baca Juga
Baca Juga

1. Rekam Jejak

Inggris bisa dibilang menjadi tim Eropa terbaik kedua setelah Denmark. Skuat Ratu Elizabeth itu juga sempat meraih hasil terbaiknya di Piala Sudirman, meski tetap masih kesulitan membendung kekuatan para tim dari Asia.

Pencapaian terbaik Inggris ialah sukses menyentuh babak semifinal di edisi Piala Sudirman 2007 silam. Namun sayang, perjalanan mereka harus terhenti usai kalah tipis dengan skor 2-3 atas Indonesia, yang menjadi runner-up karena kalah dari China selaku sang jawara.

Setelah itu, Inggris kesulitan kembali mencapai hasil terbaiknya, dan Denmark yang mewakili Eropa baik di babak perempat final dan semifinal Piala Sudirman.


1. 2. Skuat dan Sektor Unggulan

Ben Lane/Sean Vendy.

Inggris akan menurunkan sebanyak 7 pemain putra dan 6 pemain putri. Tak hanya itu, seperti tim lainnya mereka juga menurunkan para pemain mudanya.

Pasangan ganda putra Ben Lane/Sean Vendy akan menjadi andalan bagi skuat Inggris. Saat ini keduanya berada di peringkat ke-19 dunia, dan belum lama ini juga berhasil meraih gelar juara di ajang Orleans Masters 2021 pada akhir Maret lalu.

Kemudian ada pasangan ganda campuran peringkat tujuh dunia, Marcus Ellis/Lauren Smith yang akan menjadi andalan bagi Inggris, mereka juga belum lama ini menjadi runner-up di Kejuaraan Eropa 2021.

Melansir dari Badminton England, Inggris juga akan menurunkan skuat mudanya termasuk Estelle van Leeuwen yang masih berusia 17 tahun.

Berikut daftar pebulutangkis putra yang akan memperkuat tim Inggris:

  1. Ethan Rose
  2. Johnnie Torjussen
  3. Callum Hemming
  4. Steven Stallwood
  5. Ben Lane
  6. Sean Vendy
  7. Marcus Ellis

Berikut daftar pebulutangkis putri yang akan memperkuat tim Inggris:

  1. Abigail Holden
  2. Estelle Van Leeuwen
  3. Chloe Birch
  4. Lauren Smith
  5. Jess Hopton
  6. Jess pugh

2. 3. Prediksi

Piala sudirman 2021

Seperti biasa, tim-tim Eropa diprediksi bakal kesulitan saat berhadapan dengan para wakil Asia yang memang sejak dahulu dikenal unggul di cabang olahraga bulutangkis.

Apalagi satu grup dengan para tim unggulan seperti Jepang yang dua kali menjadi runner-up (2015 dan 2019) serta sekali masuk semifinal (2017). Namun Negeri Sakura juga akan pincang di Piala Sudirman 2021 nanti.

Jepang dipastikan tidak diperkuat dua ganda putra terbaiknya, yakni Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Mereka telah menolak panggilan membela timnas dan tak lama kemudian mengumumkan pensiun, namun Yuta tetap akan tampil namun disektor ganda campuran.

Sementara itu, Malaysia juga tak boleh dianggap remeh. Meski didominasi para pemain muda, namun mereka tetap membawa pemain andalannya Lee Zii Jia dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik sebagai ujung tombak yang diharapkan bisa merepotkan para lawannya.

Sedangkan Mesir dianggap hanya akan menjadi tim penggembira. Meski dirasa sulit, namun bukan tak mungkin jika Inggris menjadi kejutan di Piala Sudirman 2021, seperti yang kerap mereka lakukan di turnamen-turnamen sebelumnya.

InggrisBerita OlahragaBerita SportBerita BulutangkisMarcus Ellis/Lauren SmithBen Lane/Sean VendyPiala Sudirman 2021

Berita Terkini