x

Punya Impian Main untuk Indonesia, Pebulutangkis Muda Ini Disorot Media China

Jumat, 29 Oktober 2021 17:59 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemuda berusia 13 tahun bernama Muhammad Zylan Febrian menjadi sorotan media China setelah mengaku punya impian bermain untuk bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pemuda berusia 13 tahun bernama Muhammad Zylan Febrian menjadi sorotan media China setelah mengaku punya impian bermain untuk bulutangkis Indonesia.

Media China, Xinhuanet menyoroti perjuangan Muhammad Zylian Febrian dalam meraih cita-citanya di dunia bulutangkis.

Selama lebih dari empat tahun, Febrian rutin bermain bulutangkis dengan banyak latihan dan pertandingan intra antardaerah. 

Baca Juga
Baca Juga

Dia berharap bisa masuk timnas bulutangkis Indonesia. Cabang olahraga tersebut banyak digemari di Indonesia. Klub dan akademi untuk penggemar bulu tangkis dapat ditemukan di seluruh wilayah.

Pertandingan juga diadakan secara rutin di negara berpenduduk terbesar keempat di dunia itu. Febrian telah merencanakan untuk menjadi pemain bulutangkis setelah bergabung di sebuah klub yang ada di Jakarta pada 2018 lalu.

"Ayah saya dengan antusias menonton pertandingan di TV, dan dia segera mendaftarkan saya ke klub setelah itu sehingga saya bisa dilatih untuk menjadi seorang atlet," ujar pria berusia 13 tahun itu kepada Xinhuanet.

Baca Juga
Baca Juga

Kini ia berlatih tiga kali dalam seminggu di klub bulutangkis PB Raya. Klub tersebut didirikan oleh mantan pebulutangkis nasional, Achmad Rivai dengan dua rekannya pada 2013 lalu.

Selain berlatih di klub, Muhammad Zylian Febrian juga rutin melakukan latihan mandiri di rumahnya yang terletak di Jakarta Selatan.


1. Perjuangan Muhammad Zylian Febrian

Ilustrasi Bulutangkis

Meski belum pernah meraih kemenangan di semua pertandingan formal yang dilaluinya sejauh ini, Febrian selalu berpesan pada dirinya sendiri untuk terus berlatih.

"Pusat olahraga berjarak sekitar 30 menit dari rumah. Orang tua saya selalu membawa saya ke sini dan melihat saya berlatih. Mengatur waktu adalah sebuah tantangan bagi saya," ujar Muhammad Zylian Febrian.

Febrian sempat terpuruk saat kalah di turnamen antardaerah pertama di Provinsi Jawa Barat pada 2019.

"Saya sangat gugup saat itu. Tapi saya tidak akan menyerah. Doakan saya go international dan bermain di pertandingan di China suatu saat nanti," sambungnya lagi.

Pebulutangkis junior lainnya di PB Raya, Cheisha Regustine Irmawati, juga berharap bisa menjadi atlet nasional meski sadar peluang suksesnya tidak besar.

Pemain berusia 16 tahun itu telah berada di beberapa klub bulutangkis selama lebih dari dua tahun sebelum bergabung dengan PB Raya pada Februari lalu.

ChinaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini