x

Minus Nadal, Juara Bertahan Spanyol Tersingkir dari Davis Cup

Senin, 29 November 2021 14:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena

INDOSPORT.COM – Tim Spanyol yang tanpa diperkuat Rafael Nadal harus mengakhiri perjalanan mereka di Davis Cup usai dikalahkan Rusia, Senin (29/11/21) dini hari WIB.

Bertanding di Madrid Arena, Madrid, sang juara bertahan, Spanyol, tersingkir dari Davis Cup Final setelah Federasi Tenis Rusia mengalahkan mereka secara dramatis dengan skor 2-1.

Baca Juga
Baca Juga

Dilansir dari laman resmi Davis Cup, kekalahan yang dialami Spanyol itu terjadi setelah pasangan ganda Feliciano Lopez dan Marcel Granollers kalah 4-6 6-2 6-4 dari Andrey Rublev dan Aslan Karatsev.

Sebelumnya, Feliciano Lopez yang berusia 40 tahun membuka skor 1-0 untuk Spanyol setelah mengalahkan petenis peringkat lima dunia Andrey Rublev dengan skor 2-6, 6-3, 6-4.

Namun, Medvedev,  mampu menyamakan kedudukan dengan 6-2, 7-6 (7-3 ) menang atas Pablo Carreno Busta. Hasil ini Spanyol secara otomatis tersingkir, sementara Rusia menduduki posisi teratas Grup A dan berjak mengamankan tiket ke perempat final.

Selanjutnya, Swedia akan menjadi lawan yang akan dihadapi Rusia di babak 8 besar yang akan digelar pada Kamis (02/12/21) mendatang.

Inilah kekalahan menyakitkan bagi Spanyol mengingat tim ini memenangi laga pertama melawan Ekuador dengan skor telak 3-0. Menduduki posisi runner-up di Grup A dengan skor 4-2 rupanya tak membuat mereka lolos begitu saja ke babak 8 besar Davis Cup.

Baca Juga
Baca Juga

Pasalnya, status dua runner-up terbaik sudah direbut oleh Swedia dan Serbia meski mencatat skor sama 4-2 dari enam pertandingan yang dijalani.

Kekalahan ini membuktikan bahwa tim Spanyol tanpa diperkuat Rafael Nadal nampaknya tak berkutik melawan para pemain muda Rusia termasuk no. 2 dunia dan juara AS Terbuka, Daniil Medvedev.


1. Nadal Antar Spanyol Juara Davis Cup 2019

Pablo Carreno Busta (Spanyol) vs Daniil Medvedev di Davis Cup.

Rafael Nadal, juara Grand Slam 20 kali, diketahui harus mengakhiri musimnya lebih awal di bulan Agustus lalu karena dihantui cedera kaki sejak awal tahun.

Nadal sendiri merupakan sosok pemain penting bagi Spanyol yang memenangkan Davis Cup Finals edisi perdananya di tahun 2019. Tahun lalu, Davis  Cup terpaksa dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Davis Cup Final diikuti 18 negara, yang juga dikenal sebagai 'Piala Dunia Tenis' diadakan sepenuhnya di Madrid sejak diluncurkan pada 2019.

Khususnya tahun ini, turnamen Davis Cup digelar di tiga kota berbeda, yakni Madrid, Innsbruck dan Turin. Semifinal dan final akan diadakan di Madrid dari 3 hingga 5 Desember.

SpanyolRusiaRafael NadalDavis CupTenisBerita Tenis

Berita Terkini