x

Anak Didiknya Gagal Penuhi Misi di German Open 2022, Nova Widianto Paparkan Evaluasi

Minggu, 13 Maret 2022 14:52 WIB
Penulis: Miranti | Editor:
Pelatih ganda campuran PBSI, Nova Widianto, memberikan respons usai Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle gagal memenuhi target di German Open 2022.

INDOSPORT.COM – Pelatih ganda campuran PBSI, Nova Widianto, memberikan respons usai Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle gagal memenuhi target di German Open 2022.

Diketahui, German Open 2022 menjadi rangkaian BWF World Tour Super 300 yang akan berlangsung di Mulheim An der Ruhr, Jerman, pada 8-13 Maret 2022.

Dalam turnamen tersebut, kedua ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari dan Adnan Maulan/Mychelle Crhystine Bandaso gagal ke semifinal.

Baca Juga
Baca Juga

Rinov/Phita harus mengakui keunggulan wakil Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith di perempat final dengan skor 21-16, 16-21, 19-21.

Sementara di babak yang sama,  Adnan/Mychelle juga harus menelan kekalahan dari wakil Skotlandia, Adam Hall/Julie Macpherson dengan skor 17-21, 21-14, 18-21.

Melihat hasil yang didapat oleh anak didiknya di German Open 2022, Nova Widianto memberikan evaluasi dari penyebab kekalahan Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle.

Baca Juga
Baca Juga

“Rinov/Phita main sudah bagus, hanya kurang tahan sedikit fokusnya di gim ketiga. Di poin-poin akhir serangannya juga berkurang, banyak smash terus tetapi lawan tidak mati karena bolanya berat sekali,” kata Nova Widianto melansir PBSI.

“Buat Adnan/Mychelle hampir sama. Mereka di gim pertama banyak main bola-bola panjang, kurang bermain no lob pendek dan mengadu depan," ucap Nova Widianto.

Waktu main reli juga kurang tahan dan kelihatan down kalau musuh susah dimatikan, inginnya sekali mati,” sambung Nova Widianto.


1. Gagal Penuhi Target

Nova Widianto mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle di German Open 2022.

Dengan kegagalan Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle di perempat final German Open 2022, artinya Nova Widianto gagal mencapai target yang ditetapkan.

Sebelum turnamen dimulai, Nova Widianto menargetkan bahwa Rinov/Phita setidaknya berhasil menembus ke babak semifinal German Open 2022. Sedangkan Adnan/Mychelle sudah tercapai.

Baca Juga
Baca Juga

“Persiapan untuk ganda campuran sangat bagus karena tidak terpotong Kejuaraan Asia (BATC 2022) kemarin. Benar-benar fokus untuk tur Eropa ini,” kata Nova Widianto melansir laman resmi PBSI.

“Target di awal ini untuk Rinov/Phita saya harapkan mereka bisa masuk semifinal dulu dan Adnan/Mychelle ke delapan besar,” ucap Nova Widianto.

Baca Juga
Baca Juga

Kendati demikian, Nova Widianto tetap mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle yang baru didapuk jadi pebulutangkis ganda campuran lapis pertama di PBSI.

“Secara keseluruhan, penampilan teknis anak-anak sudah bagus. Hanya harus ditingkatkan lagi dari segi fokus bermain reli,” evaluasi Nova Widianto.


2. Target Selanjutnya

Apabila tak ada aral melintang, Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle akan terbang ke Birmingham untuk mengikuti All England 2022 pada 16-20 Maret.

Diakui oleh Nova Widianto, performa Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle di perempat final German Open 2022, tidak terkait dengan Jonatan Christie yang positif Covid -19.

“Saya rasa tidak ada pengaruhnya (dengan Jonatan Christie positif Covid-19). Lawan memang lebih baik kemarin,” tegas Nova Widianto.

Baca Juga
Baca Juga

Paska kegagalan di German Open 2022, Nova Widianto akan mengharapkan bahwa turnamen Eropa selanjutnya, Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle belajar dari evaluasi.

“Ke depan harus lebih tahan lagi kalau reli-reli panjang, terutama di Eropa yang rata-rata bolanya berat karena cuaca dingin,” harap Nova Widianto.

Baca Juga
Baca Juga

Apabila tak ada aral melintang, Rinov/Phita dan Adnan/Mychelle akan terbang ke Birmingham untuk mengikuti All England 2022 pada 16-20 Maret.

Akan ada 15 pebulutangkis Indonesia yang didaftarkan di turnamen bulutangkis tertua di dunia bertajuk All England edisi 2022 mendatang.

Nova WidiantoBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisAdnan Maulana/Mychelle Crhystine BandasoGerman Open 2022

Berita Terkini