x

Merangkap Jadi Asisten Pelatih Lee Zii Jia, Tunggal Putra Malaysia Berpotensi Mengganas Lagi

Kamis, 17 Maret 2022 22:10 WIB
Penulis: Miranti | Editor:
Pebulutangkis tunggal putra senior Malaysia, Liew Daren, berpotensi mengganas lagi usai ditunjuk sebagai asisten pelatih untuk mendampingi Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis tunggal putra senior Malaysia, Liew Daren, berpotensi mengganas lagi usai ditunjuk sebagai asisten pelatih untuk mendampingi Lee Zii Jia.

Lahir di Kuala Lumpur, 6 Agustus 1987, Liew Daren diketahui sebagai salah satu atlet bulutangkis kebanggaan Negeri Jiran, Malaysia.

Baca Juga

Tercatat, dia pernah menduduki peringkat 10 besar dunia pada periode 2013. Beragam prestasi telah diraih dalam usainya.

Seperti halnya saat Liew Daren berhasil menyabet medali perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018, hingga juara di French Open 2012 lalu.

Dalam perjalanan kariernya, banyak lika-liku menghampiri. Termasuk dengan rentetan cedera dan munculnya ‘darah muda’ yang menyalip rankingnya.

Baca Juga

Malaysia sendiri telah memiliki nama-nama tunggal putra muda yang cukup diandalkan. Seperti halnya Lee Zii Jia, Soong Joo Ven, hingga Ng Tze Yong.

Alhasil, sejak terakhir meraih gelar pada 2018, untuk saat ini, ranking dunia Liew Daren langsung merosot ke peringkat ke-34.

Liew Daren bahkan sempat mewacanakan gantung raket sebelum Olimpiade Tokyo 2020 pada Juli-Agustus 2021 lalu. sebelum akhirnya tertunda.

Baca Juga

Hanya saja, pebulutangkis yang akan menginjak usia ke-35 itu, digadang akan mengganas lagi di tahun 2022. Pasalnya ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi.

Salah satu alasan terbesar adalah ditunjuknya Liew Daren sebagai sparring partner pemain independen Malaysia, Lee Zii Jia. Liew Daren bahkan ditunjuk sebagai asisten pelatih Indra Wijaya.


1. Jadi Asisten Pelatih

Daren Liew, tunggal putra Malaysia, senang dengan perannya sebagai asisten pelatih dan sparring partner bagi Lee Zii Jia.

Sebagaimana diketahui, sejak Januari 2022, Lee Zii Jia telah resmi hengkang dari tim nasional dan memilih berkarier di jalur independen atau professional.

Sejumlah perencanaan pun telah dilakukan, terutama dengan membentuk tim pelatihan bulutangkis sendiri. Pertama, Lee Zii Jia sudah berhasil mendatangkan pelatih baru untuknya.

Baca Juga

Tak lain adalah mendatangkan pelatih asal Indonesia, Indra Wijaya, yang baru saja hengkang sebagai pelatih sektor tunggal putri di pelatnas Malaysia (BAM).

juara All England 2020 itu juga mengumumkan peran penting Liew Daren yang akan menjadi asisten pelatih dan sparring partner untuk Lee Zii Jia.

Untuk itulah, meski mewacanakan gantung raket usai kontrak sponsornya selesai beberapa saat mendatang, namun Liew Daren tanngung jawab dengan misinya bersama Lee Zii Jia.

Baca Juga

“Kami sudah berteman lama dan biasanya, kami berlatih bersama selama turnamen juga. Saya menerima tawaran itu (jadi asisten pelatih dan sparring partner bagi Lee Zii Jia), “ ucap Lee Liew Daren melansir The Star.

“Saya berharap dapat membantunya (Zii Jia) berkembang dan pada saat yang sama, saya sekarang memiliki alasan untuk terus bermain. Senang memiliki motivasi baru ini,”sambungnya.

Selain Liew Daren, padepokan baru Lee Zii Jia juga akan diisi pelatih dan tim fisioterapi yang mumpuni untuk mendukung karier bulutangkis Lee Zii Jia menuju Olimpiade Paris 2024.

Baca Juga

Melengkapi tim kepelatihan yang didirikan Lee Zii Jia adalah  fisioterapis, Sandra Fiedler, yang merupakan mantan perwira ISN (Lembaga Olahraga Nasional).

Ada pula pelatih keburagaran. Lim Joe Heang, yang baru hengkang dari BAM. Serta  dua sparring partner paruh waktu Ter Chun Loong dan Tan Choong Yen.


2. Pernah Dapat Tawaran Menggiurkan dari Singapura

Liew Daren sempat mewacanakan pensiun hingga mendapatkan tawaran menggiurkan berlatih di Singapura.

Pebulutangkis Liew Daren sendiri awalnya sempat berniat untuk gantung raket dalam waktu dekat. Namun rencana itu kandas karena beberapa alasan.

Dia lalu mendapat tawaran atau kerja sama dari salah satu produsen peralatan olahraga asal China. Hal itu membuatnya kembali bisa bernapas lega dan setidaknya lanjut bermain selama beberapa tahun lagi.

Sebelum Olimpiade Tokyo 2020,  Liew Daren juga mendapat tawaran yang sangat menggiurkan dari Asosiasi Bulutangkis Singapura (SBA).

Dia direkrut untuk berlatih bersama dengan para atlet mereka demi membantu persiapan  tim menuju Olimpiade Tokyo yang digeserta ke 24 Juli - 9 Agustus 2021 mendatang.

Tetapi Liew Daren harus melewatkan kesempatan emas tersebut setelah adanya serangan Virus Corona. Namun kini dia punya kesempatan baru untuk menjadi sparring partner bagi Lee Zii Jia.  

Baca selengkapnya: Tawaran Menggiurkan dari Singapura, Pemain ini Siap Berpaling dari Malaysia?

Daren LiewBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini