x

All England 2022: Singkirkan Lee Zii Jia, Wakil India Panen Rekor Fantastis!

Minggu, 20 Maret 2022 15:54 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
Kejutan terjadi di kejuaraan bulutangkis All England 2022. Juara bertahan Lee Zii Jia dikebuk Lakshya Sen di partai semifinal sektor ganda putra Minggu (20/03/22).

INDOSPORT.COM - Kejutan terjadi di kejuaraan bulutangkis All England 2022. Juara bertahan Lee Zii Jia dikebuk Lakshya Sen di partai semifinal sektor ganda putra Minggu (20/03/22).

Wakil asal India tersebut menang atas Lee Zii Jia lewat babak 3 set alias rubber game 13-21, 21-12, 19-21.

Baca Juga

Ketatnya laga sudah terjadi sejak set-set awal. Bahkan kedua petenis ini saling mengejar poin hingga perolehan poin sama kuat 6-6.

Lakshya Sen kemudian menemukan ritme permainannya dan unggul hingga 3 angka dari Lee Zii Jia hingga menutup interval pertama dengan keunggulan 11-7.

Selepas jeda set pertema, Lakshya Sen kembali menunjukkan dominasinya. Akan tetapi perlawanan sengit yang diperagakan Lee Zii Jia membuat skor kembali terpaut tipis.

Baca Juga

Sempat mengejar hingga 12-13, Lee Zii Jia harus mengakui keunggulan Lakshya Sen dengan kekalahan 13-21.

Memasuki set kedua, giliran Lee Zii Jia yang tampil dominan. Petenis unggulan Malaysia berusia 23 tahun tersebut mampu unggul cukup jauh dari Lakshya Sen.

Alhasil, permainan cepat yang diperagakan Lee Zii Jia sukses menutup jalannya interval set kedua dengan keunggulan 11-4.

Baca Juga

Usai jeda, Lee Zii Jia makin diatas angin dan meninggalkan Lakshya Sen hingga beberapa angka. Ia akhirnya menutup set kedua dengan hasil akhir 21-14.

Pertandingan pun dilanjutkan ke set ketiga alias rubber game. Pada set penentuan, kejar-kejaran skor seperti set pertama terjadi.


1. Panen Rekor

Pebulutangkis India yang sempat buat ketar-ketir Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2020

Bahkan jelang interval set ketiga, kedua petenis ini bermain imbang sama kuat 9-9. Kemudian, Lee Zii Jia yang mendominasi permainan hingga menutup interval dengan 11-9.

Lee Zii Jia terus menunjukkan dominasinya. Akan tetapi, di poin-poin penentuan Lakshya Sen mampu bangkit dan memberi perlawanan sengit.

Baca Juga

Sempat tertinggal 3 angka, Lakshya Sen mampu menyamakan kedudukan menjadi 18-18. Ia kemudian membalikkan keadaan dan menutup set ketiga dengan 21-19.

Melansir dari Firtspost, sederet rekor fantastis dicapai Lakshya Sen usai menumbangkan perlawanan Lee Zii Jia di partai semifinal.

Ia adalah petenis India keempat yang mampu melenggang ke final All England. Lakshya Sen mengikuti jejak pendahulunya yakni Prakash Nath (1947), Prakash Padukone (1980 dan 1981), Pullela Gopichand (2001), dan Saina Nehwal (2015) yang melakukan hal yang sama.

Baca Juga

Selain itu, kemenangan atas Lakshya Sen di semifinal All England terasa lebih spesial menginat ini adalah momen ketiga kalinya berturit-turut ia mencapai partai puncak di gelaran BWF.

Sebelumnya, Lakshya Sen melaju ke partai puncak di ajang India Open, German Open di awal tahun 2022 ini. Tak pelak, ia tak kuasa meluapkan kebagaiannya.

"Saya benar-benar gugup tetapi saya hanya mencoba memainkan satu poin pada satu waktu dan bukan pada kesempatan itu,"

Baca Juga

“Menjelang akhir, saya hanya berusaha untuk tidak memikirkan hal-hal yang terjadi, itu adalah semifinal All England dan pikiran-pikiran itu datang tetapi saya berusaha untuk menjaga diri saya tetap fokus.

"Saya senang bahwa saya memenangkan pertandingan dan saya bisa bermain besok. Saya akan mengambil waktu ini untuk pulih dan keluar semua besok,"


2. Ditunggu Axelsen

Peraih medali emas Viktor Axelsen asal Denmark berpose dengan medalinya di Olimpiade Tokyo 2020.

Di partai puncak All England 2022, Lakshya Sen sudah ditunggu oleh pebulu tangkis unggulan Denmark, Viktor Axelsen.

Pemain ranking satu dunia itu melenggang ke fase akhir setelah menumbangkan jagoan Taiwan, Chou Tien dengan keunggulan 21-13 dan 21-15.

Baca Juga
BulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisLakshya SenAll England 2022

Berita Terkini