x

Penantian Panjang 2 Tahun, Fajar/Rian Bahagia Tembus Final Swiss Open 2022

Minggu, 27 Maret 2022 08:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil kalahkan pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di Indonesia Open 2021

INDOSPORT.COM - Penantian panjang selama lebih dari dua tahun, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bahagia bisa menembus babak final Swiss Open 2022.

Sebagaimana diketahui, turnamen Swiss Open 2022 sudah mencapai fase semifinal pada Sabtu (26/3/22). Indonesia mengirim dua wakil ganda putra, termasuk Fajar/Rian.

Baca Juga

Fajar/Rian harus menghadapi unggulan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Padahal secara head to head, pasangan berjuluk Fajri itu tak pernah menang dari Aaron/Soh.

Namun, berlaga di St Jakobshalle, Basel hari Sabtu (26/3/22) kemarin, Fajar/Rian berhasil menang rubber 22-20, 13-21, 21-8.

Hasil ini juga memastikan Fajar/Rian kembali ke final pertama kali setelah lebih dari dua tahun. Mereka terakhir kali mencapai babak final adalah saat tampil di Korea Open 2019.

Baca Juga

"Pertama-tama, syukur alhamdulillah bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar dan tanpa cedera," ungkap Rian Ardianto.

"Rasanya pasti senang ya, setelah empat pertemuan kita belum pernah menang sama sekali (melawan Aaron/Soh), jadi pas hari ini menang, bisa menambah kepercayaan diri."

"Ini juga masuk final pertama setelah lama sekali," sebut Rian Ardianto dengan haru.

Baca Juga

Menurutnya, kunci kemenangan atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik adalah terus menyerang dan tetap sabar, tak perlu cepat dimatikan.

"Gim pertama kita lebih banyak mengadu di bola depan, dan kita berusaha untuk selalu menyerang lebih dulu," jelas Rian.


1. Gagal All Indonesia Final Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Memasuki game kedua semifinal ganda putra Swiss Open 2022, pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tidak menampik adanya kesalahan minor.

"Di gim kedua di angka sembilan saya drive tapi menyangkut di net, setelah itu mereka berbalik percaya diri dan banyak serangan. Kita malah kehilangan fokus," terang Rian.

Baca Juga

Fajar/Rian kalah di gim kedua, sehingga harus dilanjutkan ke babak rubber game.

Memasuki gim ketiga sebagai penentu, siapa yang akan ke final Swiss Open 2022, Fajar/Rian kembali mengambil inisiatif untuk menyerang, sehingga Aaron/Soh tertinggal.

"Di gim ketiga kita coba menerapkan pola yang sama dengan gim pertama, kontrol bola depan dan terus ambil serangan."

Baca Juga

"Pelatih juga selalu menginstruksikan dan mengingatkan kita untuk berani ambil bola depan dan siap defend-nya," tutur Rian lagi.

Walau menang, Fajar/Rian mengaku tidak mau terlalu larut dalam euforia dulu. Mereka langsung mengalihkan fokus ke laga final.

"Tugas belum selesai, kami mau fokus untuk laga final besok," lanjut Rian Ardianto lagi.

Baca Juga

Sayangnya, mereka gagal mewujudkan All Indonesia final ganda putra Swiss Open 2022, karena Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan harus kalah.

Dengan demikian, pasangan Fajar Alfian/M Rian Ardianto akan bersua wakil Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzudin di babak final Swiss Open 2022, Minggu (27/03/22) malam WIB.


2. Rekap Hasil Indonesia di Semifinal Swiss Open 2022

Jonatan Christie melaju mulus ke babak 16 besar Indonesia Open 2021

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia/4) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia/2): 22-20, 13-21, 21-8 (51 menit)

Jonatan Christie (Indonesia/4) vs Kidambi Srikanth (India/7): 18-21, 21-7, 21-13 (55 menit)

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (Indonesia) vs Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman/8): 17-21, 15-21 (40 menit)

Goh Sze Fei/Nur Izzuddin vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia): 21-18, 21-18 (36 menit)

Prannoy H. S. (India) vs Anthony Sinisuka Gonting (Indonesia/3): 21-19, 19-21, 21-18 (72 menit)

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoRian Ardianto/Fajar AlfianMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianFajar AlfianBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisMuhammad Rian ArdiantoSwiss Open

Berita Terkini