x

Korea Open 2022: Ajang Kembalinya Mantan Tunggal Putra Ranking 1 Dunia yang Sempat Pensiun

Selasa, 5 April 2022 21:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Putuskan kembali dari pensiun, mantan raja bulutangkis tunggal putra nomor satu dunia, Son Wan-ho, begitu dinantikan comebacknya di turnamen Korea Open 2022.

INDOSPORT.COM –  Putuskan kembali dari pensiun, mantan raja bulutangkis tunggal putra nomor satu dunia, Son Wan-ho, begitu dinantikan comebacknya di turnamen Korea Open 2022.

Sebelumnya, melansir instagram @son_wanho pada Minggu (03/04/22), Son Wan-ho baru menandatangani sponsor baru demi misinya kembali ke lapangan.

Baca Juga

2 sponsor baru tersebut adalah FLPA dan Stat&Co. Usai pengumuman di media sosialnya, Son Wan-ho juga terkonfirmasi bertanding di Korea Open 2022 (5-10 April) dan Korea Masters 2022 (12-17 April).

Dimulai dari BWF World Tour Super 500 Korea Open 2022. Bertempat di Palma  Stadium, Suncheon, Jeonronamdo, Korea Selatan, Son Wan-ho baru akan dijadwalkan tampil pada Rabu (06/03/22).

Pada babak pertama Korea Open 2022, Son Wan-ho  bakal ditantang oleh pebulutangkis Singapura, Jia Heng Jason Teh.

Baca Juga

Tentu saja unggahan instagram Son Wan-ho tersebut, langsung banjir komentar netizen. Banyak dukungan mengalir atas comebacknya Son Wan-ho di lapangan bulutangkis.

“Seperti yang diharapkan bro, sampai jumpa,” komentar @y_gyu97

“Semoga yang terbaik untukmu,” komentar @may_lai65

Baca Juga

“Ayo dapatkan beberapa gelar lagi,” komentar @jaeil999

“Wow selamat,” komentar @kyungana


1. Sepak Terjang Karier Son Wan-ho

Sepak terjang karier Son Wan-ho hingga kembali dari pensiun.

Ya, Korea Open 2022 menjadi ajang comeback bagi Son Wan-ho usai hiatus dari dunia perbulutangkis hampir 2 tahunan. Terakhir, Son Wan-ho berpartisipasi di ajang All England 2021.

Bertanding di Ulitita Arena Birmingham Inggris, saat itu Son Wan-ho langsung kandas di babak pertama oleh tunggal putra Denmark, Anders Antonsen, dengan skor 20-22, 13-21.

Baca Juga

Setelah itu, Son Wan-ho mengumumkan terkait masa depan kariernya. Tak lain dirinya yang memutuskan pensiun dan mundur dari Asosiasi Bulutangkis Korea (BKA) pada Kamis (12/08/21).

Selama berkarier di bulutangkis, Son Wan-ho telah menjadi pemain tunggal putra terbaik Korea Selatan selama hampir 10 tahun lamanya.

Pria kelahiran 17 Mei 1988 itu bahkan sempat menduduki ranking 1 dunia pada 2017 dengan beragam pencapaian. Seperti halnya dia yang menyabet medali perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017.

Baca Juga

Selain itu, Son Wan-ho juga menyabet beragam gelar BWF World Tour seperti Hong Kong Open 2018, Korea Masters 2018, dan Malaysia Masters 2019.

Hanya saja, pensiun dirinya, dipicu lantaran merosotnya performa Son Wan-ho sejak dilanda cedera tendon achilles pada 2019 silam.

Son Wan-ho juga sempat hiatus sekitar 7 bulan karena cedera yang membuat ranking dunianya merosot tajam. Puncaknya, Son Wan-ho gagal lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Son Wan-ho pun memutuskan rehat dari pelatnas demi memberi kesempatan ke para juniornya dalam berunjuk gigi. Namun saat itu dia bilang, akan kembali ke turnamen internasional jika ada sponsor.

Harapan Son Wan-ho pun tercapai. Begitu mendapat kontrak sponsor, Son Wan-ho bangkit dari pensiun untuk penampilannya comebacknya di ajang KoreaOpen 2022.


2. Rumah Tangga Son Wan-ho yang Bahagia

Sung Ji-hyun, istri pebulutangkis Son Wan-ho yang saat ini menyandang gelar doktor.

Selain fakta kembalinya Son Wan-ho dari pensiun untuk comeback di Korea Open 2022, ada fakta menarik lainnya soal rumah tangga sang pebulutangkis.

Pada Desember 2020, Son Wan-ho resmi menikah dengan seorang mantan pebulutangkis tunggal putri asal Korea Selatan, Sung Ji-hyun.

Sung Ji-hyun yang saat ini 30 tahun berasal dari keluarga bulutangkis. Ibunya adalah mantan pemain bulutangkis Korea Selatan (BKA), Kim Yeon-ja, dan sang ayah peraih medali perunggu Asian Games ke-10, Sung Han-kook.

Kini, kehidupan rumah tangga Son Wan-ho dan Sung Ji-hyun pun amat bahagia. Terlebih diketahui Sung Ji-hyun baru merampungkan gelar doktornya di Korea Sports University.

Baca selengkapnya: Selamat! Mantan Bidadari Bulutangkis Korea Selatan Resmi Sandang Gelar Doktor 

Asosiasi Bulutangkis KoreaBulutangkisSon Wan-hoBerita BulutangkisKorea Open 2022

Berita Terkini