x

Ranking Terancam Turun Drastis, Jonatan Christie Mau Juara di Korea Open 2022

Rabu, 6 April 2022 15:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Korea Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Terancam ranking yang turun drastis selama pandemi Covid-19, atlet tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie mau juara di turnamen Korea Open 2022.

Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 membuat turnamen bulutangkis dunia juga mengalami dampak yang signifikan, apalagi jika menyangkut soal prestasi para atlet.

Baca Juga

Sebelumnya, BWF memutuskan untuk membekukan ranking para atlet, tidak ada yang bergeser selama pandemi. Namun kini, ada wacana sistem pembekuan ini dicabut. 

Khawatir pencabutan pembekuan ranking ini berpengaruh pada peringkat di sektor tunggal putra, Jonatan Christie pun harus berupaya untuk meraih banyak prestasi.

Setelah juara Swiss Open 2022, Jonatan Christie membidik titel juara ajang Korea Open 2022 yang kini tengah berlangsung.

Baca Juga

Jonatan Christie baru saja melewati babak pertama ajang bulutangkis Korea Open 2022, Rabu (06/04/22). Berlaga di Palma Indoor Stadium, Jonatan menang mudah.

Jonatan Christie berhasil memulangkan pebulutangkis tunggal putra Malaysia, Soong Joo Ven dengan skor 21-13, 21-15.

Tak banyak kendala yang dihadapi Jojo di babak ini. Mendominasi pertandingan dari awal hingga akhir, Jojo mengamankan kemenangan hanya dalam waktu 39 menit.

Baca Juga

"Puji Tuhan bisa lolos ke babak kedua. Hari ini masih adaptasi dengan kondisi lapangan dan shuttlecock," ucap Jonatan usai laga.

"Saya juga masih sedikit mengalami jetlag setelah satu bulan di Eropa kemarin. Kondisi belum terlalu fit, kaki masih terasa kurang ringan," lanjut atlet tunggal putra tersebut.


1. Jalan Mulus di Babak Pertama Korea Open

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Setelah menang mudah di gim pertama Korea Open 2022, Jonatan Christie mulai mencoba-coba strategi berbeda di gim kedua, untuk memberikan variasi serangan.

"Di gim kedua itu saya coba memainkan strategi yang lain, mencoba menikmati pertandingan juga, tapi lawan malah lebih enak untuk menyerang dan dapat angka."

Baca Juga

Belajar dari pengalaman tersebut, Jonatan mengaku tidak ingin lagi terburu- buru, dan main santai saja menghadapi babak 16 besar Korea Open 2022, Kamis (07/04/22).

"Untuk besok saya ingin main lebih enjoy dan rileks. Bola di sini agak berat dan lambat, jadi harus punya strategi yang tepat di setiap babak, tidak boleh asal," tuturnya.

Baca Juga

Jonatan yang baru saja menjuarai Swiss Open dua pekan lalu, mengingatkan lagi bahwa targetnya di ajang Korea Open adalah mencari poin sebanyak-banyaknya.

"Saya mau cari poin sebanyak-banyaknya di sini, berjaga-jaga kalau BWF nanti mulai mencabut sistem pembekuan rangking."

Baca Juga

"Kalau tidak dapat poin yang banyak dari sekarang, saya pasti terlempar jauh karena kurang maksimal di turnamen-turnamen saat pandemi," lanjut Jonatan Christie.

Di babak 16 besar Korea Open 2022, Kamis (07/04/22), sektor tunggal putra Indonesia tercata hanya menyisakan Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito saja.

BWFJonatan ChristieBulutangkisBerita BulutangkisKorea Open 2022Korea Open

Berita Terkini