x

Gagal Juarai Korea Open, Jonatan Christie Analisis Kekuatan Tunggal China

Minggu, 10 April 2022 20:40 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Korea Open 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Jonatan Christie membeberkan kekuatan tunggal China, Weng Hong Yang, pemenang Korea Open 2022, Minggu (10/04/22). 

Tim bulutangkis Indonesia gagal memboyong gelar juara di ajang Korea Open 2022

Dua wakil Indonesia yang bertanding di partai final akhirnya menjadi runner-up usai menelan kekalahan di turnamen Super 500 tersebut. 

Baca Juga

Di sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dikalahkan oleh asangan tuan rumah, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dengan rubber gim 21-19, 15-21 dan 18-21.

Sementara itu, pada sektor tunggal putra, Jonatan Christie dikalahkan wakil China, Weng Hong Yang dengan skor akhir 21-12, 19-21, 15-21.

Baca Juga

Hasil ini juga membuat Jojo gagal mencetak rekor individu, yakni gagal meraih juara di ajang BWF World Tour level Super 500 pertama dalam kariernya.

Pasca pertandingan, Jonatan Christie dengan berbesar hati mengakui bahwa usaha lawan memang besar. 

Jojo pun membeberkan kekuatan tunggal China, Weng Hong Yang berdasarkan analisis pribadinya. 

Baca Juga

“Ada faktor keberuntungan, tapi usaha dia memang maksimal dan tidak mau kalah. Di gim ketiga dia lebih enjoy dan percaya diri setelah bisa lepas dari tekanan,” ucap Jonatan Christie. 

Selain beberkan bahwa Weng Yong Hang mampu tunjukkan kegigihan sehingga tak bisa kalah, Jojo juga mengakui kesalahannya di final Korea Open 2022. 


1. Kelelahan Jadi Alasan Jonathan Christie

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Jonatan Christie mengaku kelelahan serta kurang bisa menerapkan strategi dengan baik di poin-poin krusial.

“Kondisi saya sebenarnya memang lelah tapi itu bukan alasan, semua pemain juga merasakan. Hari ini saya kurang bisa menerapkan strategi dengan baik di poin-poin krusial,” ungkap Jojo.

Selain itu, dalam wawancara pasca final Korea Open, Jonatan Christie juga bersyukur ia bisa menjalani pertandingan dengan lancar.

Baca Juga

“Puji Tuhan pastinya karena bisa menyelesaikan pertandingan tanpa cedera. Kalau dibilang menyesal pasti menyesal, tadi sepertinya sudah hampir menjuarai Super 500 pertama saya," kata Jojo. 

"Tapi kembali lagi Tuhan yang memberi dan Tuhan juga yang mengambil. Jadi saya tetap bersyukur dengan hasil ini,” kata Jojo seusai pertandingan.

Baca Juga

Dengan hasil ini Jojo mengulang torehannya di Korea Terbuka 2017. Saat itu, Jojo juga keluar sebagai runner up setelah dikalahkan rekan senegara Anthony Sinisuka Ginting di final.

Sementara itu, Weng Hong Yang merupakan pebulutangkis China yang langsung menuai decak kagum. 

Seharusnya Weng tak bisa berkompetisi di turnamen kategori Super 500 itu. Pasalnya dirinya merupakan tunggal putra peringkat ke-156 dunia.

Baca Juga

Hanya saja, mundurnya beberapa partisipan utama membuat Weng Hong Yang mendapat kesempatan tampil di babak utama dengan status pemain pengganti atau Promoted from Reserves (PFR).

Di Korea Open, wakil China sukses menghentikan perjuangan sederet atlet besar seperti Cheam June Wei dan Ng Tze Yong.


2. Jonatan Christie Menyesal, Dikalahkan Titisan Lin Dan?

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie runner up usai kalah dari Weng Hongyang asal China di Korea Open 2022. Foto: PBSI

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie mengaku menyesal gagal menjadi juara usai kalah dari wakil China yang disebut titisan Lin Dan, Weng Hong Yang di final Korea Open 2022.

Jojo sejatinya unggul di gim pertama. Namun sayang, sejumlah kesalahan dan strategi Weng Hong Yang yang disebut sebagai titisan Lin Dan itu tak mampu dibendung oleh Jojo di gim kedua dan ketiga.

Hingga akhirnya Jonatan Christie gagal membawa pulang karena kalah dari Weng Hong Yang dengan skor akhir 21-12, 19-21, 15-21, pada Minggu (10/04/22).

Baca selengkapnya: Gagal Cetak Rekor di Korea Open, Jonatan Christie Ngaku Menyesal Kalah dari Titisan Lin Dan

Jonatan ChristieWeng HongyangKorea Open 2022

Berita Terkini