x

Rajin Kena Covid-19, Pebulutangkis Hong Kong Berdarah Indonesia Absen di Badminton Asia Championship

Selasa, 12 April 2022 21:08 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Angus Ng Ka-long membatalkan keikutsertaannya di ajang Badminton Asia Championship 2022 usai satu bulan terakhir banyak menghabiskan waktu dengan karantina.

INDOSPORT.COM - Hong Kong dipastikan tidak akan bisa mengirimkan perwakilan terbaik mereka di ajang Badminton Asia Championship 2022 di Filipina bulan April ini.

Pasalnya jagoan mereka di nomor tunggal putra, Angus Ng Ka-long, harus absen setelah sebelumnya diprediksi akan ikut serta.

Baca Juga

Ng merasa tidak siap untuk berkompetisi setelah baru selesai menjalani karantina pencegahan Covid-19 pasca mendapat hasil tes positif pada 2 April lalu.

Kini atlet 27 tahun itu memang sudah diperbolehkan menjalani aktivitas seperti biasa namun Ng mungkin menilai dirinya sedang tidak dalam kondisi terbaik.

Bukan sesuatu yang aneh mengingat ia baru menjalani tiga isolasi beruntun sejak bulan lalu dan tidak dapat mempersiapkan fisiknya untuk ajang besar secara maksimal.

Baca Juga

Kepastian absennya Angus Ng Ka-long dari Badminton Asia Championship 2022 didapatkan dari pelatih sang bintang sendiri yakni Tim He Yi-ming.

"Setelah terkena Covid-19, Ng belum pernah berlatih lagi," beber He seperti yang diwartakan oleh South China Morning Post pada Selasa (12/04/22).

"Dia merasakan banyak tekanan dan kepercayaan dirinya pung sedang rendah. Kami menghormati keputusan Ng untuk mundur," tambah pelatih berusia 59 tahun itu kemudian.

Baca Juga

Tidak mengikuti edisi Badminton Asia Championshi kali ini adalah sebuah kerugian besar bagi Angus Ng Ka-long yang berperingkat 11 dunia mengingat kompetisi ini berformat Super 1000.

Pemenang bisa mendapatkan total 12.000 poin dan posisi pebulutangkis yang masih punya darah Indonesia itu akan terancam. 


1. Indonesia Kirim Nama-nama Beken

Anthony Sinisuka Ginting, pebulutangkis tunggal putra indonesia di Badminton Asia Championship 2022.

Sebagi pengganti untuk Angus Ng Ka-long, Hong Kong akan mengirimkan atlet tunggal putra nomor 139 dunia saat ini yakni Chan Yin-chak.

Sementara itu Indonesia juag tidak mau ketinggalan dan sejak Senin (11/04/22) lalu telah mengumumkan siapa saja wakil yang mereka kirim ke Filipina.

Baca Juga

Dengan peraturan hanya bisa mengirim empat perwakilan untuk tiap sektor, Indonesia tetap bisa mengajukan atlet-atlet yang sudah cukup punya nama.

Pada sektor tunggal putra, Indonesia mengirimkan empat wakilnya yaitu Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Wakil Indonesia di sektor tunggal putri diantaranya adalah Gregoria Mariska Tunjung, Stephanie Widjaja, Putri Kusuma Wardani serta Komang Ayu Cahya Dewi.

Baca Juga

Untuk sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan empat pasangan andalan dengan Moh. Ahsan/Hendra Setiawan sebagai ujung tombak.

Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia E.R. Yacob Rambitan kemudian juga diberangkatkan.

Baca Juga

Selanjutnya pada sektor ganda putri ada empat pasangan wakil Indonesia yang akan melakukan comeback beranggotakan Siti Fadia S. Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia C. Pratiwi, Lanny Tria Mayasaro/Jesita Putri Miantoro, dan Meilsya Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandoso, serta Rehan N. Kushrjanto/Lisa Ayu Kusumawati kemudian menjadi andalan di nomor ganda campuran.


2. Bagas/Fikri Belum Gugur dari Korea Masters 2022

Aksi ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri dan Bagas Maulana. Foto: Reuters/Ed Sykes

Berikut hasil Korea Masters 2022 babak 32 besar antara Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Kim Jae-hwan/ Young Hyuk Kim.

Usai tampil  turnamen Korea Open 2022, sejumlah pebulutangkis kembali tampil di ajang BWF World Tour Super 300 Korean Masters 2022.

urnamen Korea Masters 2022 berlangsung pada 12-17 April 2022 di Gwangju Yeonju Stadium, Gwangju,  Korea Selatan.

Indonesia sendiri hanya mengirimkan skuat mini yang terdiri dari lima wakil yakni hanya di sektor ganda putra dan ganda campuran saja.

Pada Selasa (12/4/22), pada court 4, ganda putra ranking 22 asal Indonesia, Bagas/Fikri bertanding menghadapi  wakil tuan rumah, Kim Jae-hwan/ Young Hyuk Kim.

Baca selengkapnya:  Hasil Korea Masters 2022: Bikin Keok Wakil Tuan Rumah, Bagas/Fikri Gagah Melaju ke 16 Besar

Hong KongBadminton Asia ChampionshipsNg Ka Long Angus

Berita Terkini